Awas...Bising di Uji Coba Boiler PLTU

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Bagi warga sekitar PT Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), bersiaplah mendengar suara bising selama beberapa hari ke depan. Sebab, pembangkit listrik yang berada di Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, akan melakukan uji coba alat boiler.

Uji coba dilakukan untuk memastikan mesin boiler yang baru. Apakah sudah sesuai dengan standart menghasilkan uap sebagai pemutar turbin, di mana turbin itu untuk memutar generator sebagai penghasil listrik. Dimungkinkan, uji coba alat baru itu akan menimbulkan suara bising di waktu tertentu.

Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Humas Lingkungan PT PLTU, Warsidi, menjelaskan uji coba dilaksanakan mulai hari ini, Kamis (14/4/2016). Dilakukan sejak pukul 06.14 pagi sampai kisaran pukul 16.00 WIB. "Hanya kita lakukan pada siang hari, untuk malam tidak," kata Warsidi, ketika dihubungi melalui ponselnya.

Rencananya, uji coba akan dilakukan sampai 10 hari ke depan. Apabila sebelum 10 hari mesin diketahui sudah standart, maka uji coba akan langsung dihentikan.

Ditanya apakah uji coba akan menghasilkan suara bising? Warsidi meminta kepada warga untuk tidak khawatir. Karena, kebisingan tidak langsung terdengar saat uji coba dilaksanakan, tetapi hanya terdengar ketika mesin berada pada tekanan 10 Mega Pascal (MPa). Selain itu, PLTU juga sudah memasang tim monitoring dan evaluasi di beberapa titik dengan radius 1,5 kilometer.

"Pada pukul 08.45 WIB tadi, kebisingan yang tercatat 64 desibel (dB) dengan tekanan 6 MPA," tandas Warsidi. [pur/ito]