Lomba Desa 2016 Akan Tentukan Lima Juara

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Lomba Desa 2016 sudah masuk tahap klarifikasi, dimungkinkan pada akhir bulan April ini pemenang ataupun juara dalam lomba desa akan segera diputuskan. Adapun pemenang yang ditentukan dalam lomba desa tahun ini adalah sebanyak lima juara.

Kasubid Keswadayaan Masyarakat dan Pembangan Sumberdaya, Kabid Pemberdayaan dan Keswadayaan Masyarakat Bapemas Tuban, Amik Faldhori mengatakan, lomba desa akan menentukan lima juara, yaitu juara satu, juara dua, juara tiga, harapan satu dan harapan dua.

"Masing-masing juara akan mendapatkan tropi, namun tetap ada perbedaan nantinya," kata Amik sapaan akrabnya kepada blokTuban.com

Selanjutnya Amik menjelaskan, bahwa yang membedakan adalah rewardnya atau hadiah tunainya, untuk juara pertama akan mendapatkan hadiah 150 juta, kedua 125 juta, ketiga 100 juta, untuk harapan satu mendapatkan 75 juta, sedangkan harapan dua mendapatkan uang tunai 50 juta.

"Dana tersebut nantinya akan menjadi hak daripada Desa tersebut, mungkin akan digunakan untuk pemberdayaan di desanya," pungkasnya.

Diketahui bahwa Dana yang digunakan sebagai hadiah berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tuban 2016.[nok/ito]