Lomba Desa Sudah Tahap Klarifikasi

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Lomba desa yang dilaksanakan oleh Kabupaten Tuban, dalam hal ini selaku penyelenggara adalah Bapemas, Pemdes, dan Keluarga Berencana Kabupaten telah sampai pada tahap kalarifikasi. Sebelumnya dilakukan oleh tiap-tiap desa unggulan untuk mempresentasikan potensi dan sumber daya yang ada di desa masing-masing.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasubid Keswadayaan Masyarakat dan Pengembangan Sumberdaya, bidang Pemberdayaan dan Keswadayaan Masyarakat, Amik Faldhori. Dia mengatakan, bahwa pada lomba desa ini ada beberapa tahap yang harus dilalui, yang pertama desa unggulan harus mempresentasikan potensi desanya, dan yang kedua akan dilakukan klarifikasi pengecekan secara langsung atas presentasi tersebut.

"Jika dua hal itu sudah dilaksanakan, maka selanjutnya akan dilakukan penilaian," kata Amik sapaan akrabnya, kepada blokTuban.com, Kamis (7/4/2016).

Selanjutnya Amik menjelaskan, untuk yang presentasi desa telah dilaksanakan pada 28 hingga 31 Maret, sedangkan untuk klarifikasi dilaksanakan pada 4 sampai 20 April. Jadi, kata Amik, saat ini sudah tahap klarifikasi data di masing-masing peserta lomba desa, untuk dilakukan pengecekan terhadap presentasi yang dipaparkan pada bulan maret lalu.

"Sudah ada enam desa yang dilakukan klarifikasi, yaitu Desa Tawaran Kecamatan Kenduruan, Desa Besowo Kecamatan Jatirogo, Desa Kedungharjo Kecamatan Bangilan, Desa Medalem Kecamatan Senori, Desa Tanggir Kecamatan Singgahan, dan Desa Parang batu Kecamatan Parengan," paparnya. [nok/rom]