Selamatkan Sumber Mata Air, Perhutani Tanam Pohon

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam rangka menyongsong Hari Bumi, dan menyelamatkan sumber mata air sekaligus Hari Ulang Tahun (HUT) Perhutani yang ke-55, Perhutani RPH Sumberan, BKPH Montong, KPH Parengan, melakukan tanam pohon Bersama, Minggu (3/4/2016).

Tanam pohon bersama ini dihadiri oleh Muspika Kecamatan Montong, Asosiasi Kepala Desa (AKD), Komunitas Trail, warga sekitar, dan ratusan peserta dari beberapa perguruan pencak silat se-Kecamatan Montong.

Camat Montong Agus Wijaya mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah Perhutani untuk menyelamatkan sumber mata air, dan Muspika montong sangat mendukung langkah Perhutani ini, dan berkeinginan agar hutan di Kecamatan Montong lebih baik, lestari dan terjaga, karena Kecamatan Montong merupakan puncak dari Kabupaten Tuban.

"Akibat dari rusaknya hutan di kecamatan montong, kawasan sekitar seperti halnya Kecamatan Merakurak, Parengan juga terkena imbasnya, limpahan air yang banyak menyebabkan banjir bandang," ujar Camat, kepada blokTuban.com.

Sementara itu, pohon yang akan ditanam terdapat kurang lebih 1000 pohon, yang terdiri dari beberapa jenis pohon pokok seperti randualas, kepoh, dan pohon buah seperti halnya pohon juwet, nangka, kluwih, dan pohon buah sukun.

"Harapan kedepannya, kondisi lingkungan khususnya kawasan hutan, bisa lebih terjaga serta iklim dan ekosistem bermanfaat kepada masyarakat," kata Camat Montong. [hud/rom]