Pemdes Usulkan Jadi Tempat Wisata

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Adanya pemandian air belerang, di Desa Dermawuharjo, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, mendorong pemerintah desa (pemdes) untuk menjadikan tersebut sebagai salah satu tujuan wisata.

Kepala Desa (Kades) Dermawuharjo Junarso mengatakan, saat ini, tempat pemandian itu masih belum dikelola secara maksimal. "Masih liar dan belum dikelola, namun kami sudah mengusulkan agar menjadi tempat wisata," ungkapnya.

Junarso menambahkan, potensi yang disajikan dari tempat pemandian di desanya itu, dimulai dari perjalanan yang akan disuguhkan pemandangan khas pedesaan. Yakni sawah hijau yang membentang, dan pegunungan yang tinggi. Tidak lupa hutannya yang masih rindang menjadikan perjalanan menjadi menyejukkan.

Kemudian sesampainya di lokasi, pengunjung bisa menikmati hangatnya berendam di kolam renang yang berukuran kurang lebih 50x25 meter. Manfaat mandi di kolam tersebut, dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit yang diderita oleh pengunjung.

"Kalau setiap hari libur pengunjung kolam ramai, namun apabila musim penghujan seperti ini setiap sore banyak para pemuda yang datang," jelas Junarso.

Selain itu, tidak jauh dari komplek pemandian air belerang, hanya berjarak jalan dan berada di bagian depan samping dari pintu masuk di pemandian air belerang terdapat
petilasan Mpu Supo, yang saat ini masih digunakan warga sekitar saat bulan suro untuk mencuci pusaka.

"Kami berharap, dengan adanya potensi di desa kami, ada perhatian khusus dari pemerintah untuk menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan wisata," harapnya. [hud/ito]