Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, kabupaten Tuban merupakan salah satu desa yang termasuk wilayah Ring 1 dua perusahaan besar, yakni PT. Semen Indonesia (SI) dan PT. Holcim Indonesia.

Dengan hal itu, kemakmuranlah yang akan kita ketahui terhadap desa yang diapit dua perusahaan tersebut. Namun, ternyata kemiskinan di Desa tersebut masih ada.

Kepala Dusun Mliwang, Haryo Winoto Mengatakan, walaupun terdapat beberapa perusahaan di sekitar Desa Mliwang, namun kemiskinan belum juga dapat ditanggulangi dengan tuntas.

"Meskipun setiap tahunnya mengalami penurunan, namun sampai saat ini angka kemiskinan belum tertanggulangi secara tuntas," ungkap Kepala Dusun Mliwang.

Sampai saat ini, terang Haryo Winoto, angka kemiskinan di Desa Mliwang yang merupakan ring 1 dari dua perusahaan besar tersebut masih terdapat 75 Kepala Keluarga (KK) miskin dari yang terdata 652 KK.

"Untuk kategori sangat miskin ada 75 KK," kata Winoto, kepada blokTuban.com, Rabu (13/1/2016).

Penurunan angka kemiskinan di Desa Mliwang, ada kaitannya dengan beberapa perusahan yang berdiri di tanah sekitar desa tersebut, mulai dari ketenagakerjaan (Naker) dan lain-lain. [hud/rom]