Warga Pungguk Ngluruk Kadus ke Kecamatan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Warga Dusun Pungguk, Desa Gununganyar, Kecamatan Soko meluruk kepala dusun (kadus) setempat ke kantor Kecamatan Soko, Selasa (12/1/2015).

Bekenaan dengan aksi kali ini, aliansi warga Desa Gununganyar mengajukan tuntutan. Dimana tuntutan ditujukan pada pemerintah Kabupaten Tuban, melalui Pemerintah Kecamatan untuk mencopot kepala Dusun Pungguk, Shoheh, dari jabatannya saat ini.

Ketua koordinasi lapangan (korlap) aksi, M Zainuddin (28) mengatakan, tuntutan pencopotan jabatan kadus bukan tidak ada alasan. Menurut warga Dusun Pungguk, Shoheh kerap melalaikan dan sewenang menjalankan tugas.

"Warga minta kadus Shoheh dicopot dari jabatan. Karena ia meninggalkan tugas dan tidak di kantor balai desa selama 1 tahun lebih ke Kalimantan. Selain itu, ia terlibat perseligkuhan yang menyebabkan runtuhnya rumah tangga salah seorang warga," jelas koordinator lapangan, Zainuddin.

Zainuddin menambahkan, ketidakterbukaan Shoheh selaku kepala dusun dikeluhkan warga. Seperti pengalihfungsian dana dari pemerintah, penarikan iuran fiktif sebesar Rp11 ribu, dan bantuan diberikan pada kerabat atau familinya yang tergolong mampu.

Sementara itu, Shoheh menyangkal atas semua tuntutan warga, dari meninggalkan wewenang hingga perselingkuhan, ditepis semuanya.

"Semua jawaban atas aspirasi warga tidak akan pernah sesuai permintaan. Saya tidak pernah ke Malaysia, tetapi pernah ke Kalimantan hanya 6 bulan," kata Shoheh.

Aksi berlangsung sekitar satu jam di dalam kantor Camat Soko. Dihadiri oleh sejumlah warga Dusun Pungguk, Camat, Kapolsek, Komandan Koramil (Danramil) dan sejumlah awak media. [dwi/rom]