Ring 1 SI dan Holcim, Pengangguran Masih 10%

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Letak desa yang berdekatan dengan beberapa pabrik besar seperti PT. Semen Indonesia (SI) dan PT. Holcim Indonesia, membuat Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban menjadi salah satu Desa Ring 1 dari kedua perusahaan tersebut.

Meski begitu, di Desa Mliwang masih terdapat warga yang belum bekerja atau pengangguran, angka ini diklaim setiap tahunya mengalami penurunan, namun untuk saat ini masih berada diangka 10%, untuk data warga berusia produktif.

Kepala Dusun Mliwang, Haryo Winoto mengatakan, untuk data administrasi di kantor tidak bisa dipastikan, namun untuk penelitian langsung, pengangguran masih diangka 10%, dari jumlah penduduk 2391 jiwa.

"Setiap tahun pengangguran menurun, tetapi untuk usia produktif ada sekitar 10% yang menganggur," ungkap Haryo winoto kepada blokTuban.com, Senin (11/1/2016).

Hal ini dikarenakan, tambah Winoto, apabila meminta kepada salah satu perusahaan untuk merekrut Tenaga Kerja (Naker) terbentur kepada Skill, dan pendidikan yang dimiliki para warga desa setempat.

"Diharapkan adanya pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) warga dari perusahaan terkait, untuk meminimalkan angka pengangguran," harap kasun Winoto. [hud/rom]

*Foto ilustrasi insert.net