Skip to main content

Category : Ekonomi & Migas


Permintaan Meningkat, Perajin Rambah Sangkar Burung Lobet

Sebagai usaha mengembangkan usahanya membuat sangkar, Suparlan warga Desa Pandanwangi, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban yang awalnya menjadi pengepul sangkar biasa, ia mulai mengarahkan perajin sangkar di desanya membuat sangkar burung lobet (love bird).

Blok Migas Tuban

SKK Migas: Perpanjangan JOB P-PEJ Belum Dibicarakan

Berakhirnya kontrak Wilayah Kerja (WK) di Blok Migas Tuban yang dimiliki Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java (JOB P-PEJ) tahun 2018, sampai saat ini belum dibicarakan masa depannya. Apakah diperpanjang dengan proporsi yang sama atau diambil alih pemerintah. Kemungkinan besar, pembicaraan baru dilakukan sekitar tahun 2016 mendatang.

Buat Tas, Warga Sandingrowo Setor ke Gresik

Selain mengisi waktu luang, memiliki kegiatan sambilan yang bisa menambah penghasilan untuk rumah tangga jelas menarik perhatian. Hal itulah yang dijalani oleh beberapa warga Dusun Karangdowo, Desa Sandingrowo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Mereka kini memiliki pekerjaan sambilan membuat tas.

Kilang Pertamina di TPPI

RON 88 yang Diproduksi Kilang TPPI

Sejak beberapa bulan belakangan ini, kilang minyak milik PT Pertamina di PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (PT TPPI), Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, telah beroperasi antara 70% dari kapasitas maksimal. Produksi yang dibuat adalah jenis Research Octane Number (RON) 88 atau bensin tanpa timbal premium.

Ternak Etawa Asal Montong Mulai Gairah

Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, ternyata mempunyai beberapa keunggulan dan berbeda dengan kecamatan lain. Salah satunya peternakan kambing Etawa yang belakangan ini mulai dikenal masyarakat.

Menyulap Limbah Kandang Menjadi Bio Gas

Ada banyak sumber energi alternatif yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Salah satunya berasal dari limbah kandang yang diolah menjadi bio gas bisa dimanfaatkan untuk kompor dan listrik. Wujud dari pemanfaatan tersebut bisa ditemukan di salah satu rumah warga di Desa Banyuurip, Kecamatan Senori Kabupaten Tuban.

Bank Sampah Delima Banyuurip

Dari Sampah, Punya Saldo Rp.62 Juta

PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu mengaddakan program bank sampah berbonus saldo Rp62 juta di Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban.

Melihat Budidaya Sapi di Desa Wonosari

Jika melintasi Desa Banyuurip dan Desa Wonosari, Kecamatan Senori, di samping maupun di belakang rumah beberapa warga ada kandang sapi. Uniknya, bentuk kandang di sana hampir sama, yakni hanya sebuah tempat berukuran sekitar 3x6 meter dengan ada yang beratap genteng maupun esbes.

Melihat Usaha Pembuatan Tas di Desa Sandingrowo

Produksi Ratusan Tas Dalam Satu Bulan

Usaha Kecil Menengah (UKM) kini semakin berkembang di masyarakat. Seperti pembuatan tas yang ada di Dusun Karangdowo Desa Sandingrowo, Kecamatan Soko. Kabupaten Tuban salah satunya.

Kerajinan Tikar Daun Pandan Mulai Tergerus Zaman

Pengrajin tikar atau biasa yang disebut kloso dari daun pandan masih bisa ditemui di pedesaan, salah satunya di Dusun Mbawi Kulon, Desa Hargoretno, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.