Ternak Etawa Asal Montong Mulai Gairah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, ternyata mempunyai beberapa keunggulan dan berbeda dengan kecamatan lain. Salah satunya peternakan kambing Etawa yang belakangan ini mulai dikenal masyarakat.

Tepatnya di Dusun Kerok, Desa/Kecamatan Montong. Ada seorang peternak bernama Porwadi. Ia mempunyai sekitar 30 kambing persilangan Etawa berbagai jenis dan bentuk. Seperti layaknya kambing di negara asalnya India yang mempunyai nama Jamnapari, Etawa produk peternakan Porwadi juga tinggi besar.

Menurut perawat kambing Etawa di kandang milik Porwadi, Heri menjelaskan, kambing persilangan Etawa milik Porwadi sudah mulai sejak tiga tahun lalu. Walaupun bertepat di dusun, tetapi pembeli yang datang sudah begitu banyak.

"Awalnya Pak Porwadi hanya mempunyai indukan tiga ekor. Setelah tiga tahun ini sudah menjadi 30 ekor lebih," katanya.

Sejauh ini, selain melayani masyarakat yang datang langsung ke rumah, dijelaskan Heri, kambing Etawa yang dikembangbiakkan juga dibawa ke pasar. "Sejauh ini banyak yang langsung datang kesini," sambungnya.

Ditanya mengenai harga jual Etawa persilangan itu, Heri menjawab, kalau rata-rata di atas Rp3 juta per ekor untuk jenis jantan. Harga bisa melambung tinggi jika memasuki Hari Raya Idul Adha atau Kurban. [hud/mad]