Skip to main content

Category : Ekonomi & Migas


Lebih Dekat dengan Batik Gedok Tulis

Nama Batik Gedok dari Kabupaten Tuban sudah pasti masyur di masyarakat. Bukan hanya lokal Tuban, tetapi hingga ke luar kota. Bahkan, beberapa distribusi telah sampai di luar pulau atau dibawa hingga manca Negara.

Hujan Jadi Ancaman Pengrajin Gerabah

Saat para petani menunggu hujan untuk mengairi sawah, tidak demikian dengan para perajin gerabah di Dusun Jetis, Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Sebab, saat hujan telah turun dan kebanyakan diikuti Bengawan Solo yang meluap.

BBI Jojogan Kualahan Pasok benih Ikan

Selama ini, para pemilik budidaya ikan di empat kecamatan, yakni Singgahan, Parengan, Senori dan Bangilan, Kabupaten Tuban, sangat bergantung pada Balai Benih Ikan (BBI) Jojogan. Sebab, sesaat setelah panen, mereka akan langsung mencari benih ikan yang baru.

Batik Gedog Tulis Tembus Pasaran Luar Pulau

Sepanjang jalan di Desa Jarorejo hingga Desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, cukup mudah dijumpai toko-toko milik warga yang menjual batik. Tepatnya produk asli Kabupaten Tuban, Batik Gedog Tulis.

Kilang Pertamina di TPPI

SW. Yudha: Naker Lokal Harus Terserap

Kedatangan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) ke lokasi kilang minyak Pertamina di PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (PT TPPI), Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, beberapa hari lalu menjadi hal yang positif bagi warga Tuban. Sebab, mereka yang mempunyai skil sesuai kebutuhan PT TPPI bisa terserap maksimal.

Pengrajin Gerabah Butuhkan Mesin Penggiling

Bahan dasar untuk membuat gerabah adalah tanah liat. Warga pengrajin gerabah Dusun Jetis, Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel memanfaatkan tanah liat di lingkungan sekitar tinggal. Tetapi kemudahan mendapat bahan, tidak dibarengi dengan pemenuhan alat penggiling tanah liat.

Perabot Gerabah Sepi Peminat

Perabotan rumah tangga kini banyak didominasi dari bahan plastik, sehingga perabot berbahan tanah liat atau disebut gerabah sepi peminat. Tak hayal pengrajin asal Dusun Jetis, Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, mengeluhkan pembeli yang mulai meninggalkan perabot gerabah.

Kilang Pertamina di TPPI

SW. Yudha: TPPI Harus Dimanfaatkan Negara

Dioperasikannya kilang minyak Pertamina di PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (PT TPPI), Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, terus menuai reaksi positif. Bahkan, ke depan harus terus ditingkatkan produksinya dan menyerap tenaga kerja lokal yang sesuai kebutuhan kilang.

Blok Migas Tuban

Produksi Minyak di Mudi Lebih Banyak Sukowati

Selain di Lapangan Mudi, Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, opetaror Blok Migas Tuban, Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java (JOB P-PEJ) juga melakukan produksi di Lapangan Sukowati, tepatnya di Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro. Namun di lapangan tersebut, jumlah minyak yang dihasilkan terus mengalami penurunan, walaupun jelas masih cukup besar dibandingkan yang ada di Tuban.

Sekali Panen, Jeruk Mulyorejo Bisa 300 Ton

Hingga kini, Desa Mulyorejo, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, masih menjadi andalan atau desa percontohan untuk penanaman buah jeruk. Sebab, telah ada 125 hektare (ha) lahan pertanian yang dijubeli jeruk buah.