Skip to main content

Category : Ekonomi & Migas


Kilang Pertamina di TPPI

SW. Yudha: TPPI Harus Dimanfaatkan Negara

Dioperasikannya kilang minyak Pertamina di PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (PT TPPI), Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, terus menuai reaksi positif. Bahkan, ke depan harus terus ditingkatkan produksinya dan menyerap tenaga kerja lokal yang sesuai kebutuhan kilang.

Blok Migas Tuban

Produksi Minyak di Mudi Lebih Banyak Sukowati

Selain di Lapangan Mudi, Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, opetaror Blok Migas Tuban, Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java (JOB P-PEJ) juga melakukan produksi di Lapangan Sukowati, tepatnya di Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro. Namun di lapangan tersebut, jumlah minyak yang dihasilkan terus mengalami penurunan, walaupun jelas masih cukup besar dibandingkan yang ada di Tuban.

Sekali Panen, Jeruk Mulyorejo Bisa 300 Ton

Hingga kini, Desa Mulyorejo, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, masih menjadi andalan atau desa percontohan untuk penanaman buah jeruk. Sebab, telah ada 125 hektare (ha) lahan pertanian yang dijubeli jeruk buah.

Pembuatan Dompet di Kenongosari Belum Mandiri

Usaha pembuatan dompet kulit di Desa Kenongosari Kecamatan Soko sudah puluhan tahun berlangsung. Namun selama itu pula  usaha yang tersebar hampir di seluruh Dusun Kenongo Lor belum bisa mandiri. Sebab, sampai saat ini, dompet yang diproduksi di sana merupakan pesanan dari pabrik.

Manfaatkan Limbah Kayu Menjadi Meja Lipat

Sebagian warga Dusun Pagak, Desa Pandanagung, Kecamatan Soko , menyulap limbah kayu menjadi produk bernilai ekonomi. Meja lipat yang berdesain sederhana juga memiliki harga terbilang sederhana pula.

Pande Besi Masih Eksis di Tengah Modernisasi

Di jaman serba modern ini, usaha pande besi semakin sulit untuk dijumpai di Kabupaten Tuban. Padahal, banyak penduduk di Bumi Wali merupakan petani. Mereka praktis membutuhkan jasa pande besi untuk menjadikan atau membenahi alat perlengkapan yang biasa dipakainya setiap hari. Misal; sabit, cangkul, parang, sampai alat bajak.

Hari Jadi Tuban (HJT) ke 722

Ramai, Peserta Pameran Mulai Raup Untung

Pameran dagang dan pembangunan yang digelar dalam rangka Hari Jadi Tuban (HJT) ke 722 semakin ramai dikunjungi warga. Bahkan, peserta pameran yang kebanyakan dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM) itu telah meraup untung. Pameran berlangsung di area Gedung Olahraga (GOR) Rangga Jaya Anoraga, Kabupaten Tuban.

Blok Migas Tuban

Lapangan Mudi Lebihi Target 1.150 BPH

Salah satu lokasi produksi dari operator Minyak dan Gas Bumi (migas) Blok Tuban yang dioperatori Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java (JOB P-PEJ) ada di Lapangan Mudi. Tempat pengeboran dan produksi tersebut berada di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Dari 3 Pad yang ada disana, jumlah produksi minyak saat ini sudah melampaui target yang ditentukan.

Kilang TPPI di Tuban

Wabup Berharap TPPI Serap Naker Lokal

PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (PT TPPI) kembali beroperasi setelah lama fakum. Bahkan tidak tanggung-tanggung, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), Rabu (11/11/2015) kembali berkunjung ke kilang yang ada di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban tersebut.

Menjelang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

Takut Kalah Bersaing, Pedagang Rengel Resah

Walaupun belum berdampak langsung hingga ke pedesaan, keberadaan pasar besar atau biasa disebut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dalam waktu dekat mulai dikhawatirkan pedagang. Terutama yang berada di pasar-pasar tradisional. Mereka ternyata juga mengikuti perkembangan ekonomi melalui saluran televisi maupun media online.