Skip to main content

Category : Ekonomi & Migas


Kerajinan Tikar Daun Pandan Mulai Tergerus Zaman

Pengrajin tikar atau biasa yang disebut kloso dari daun pandan masih bisa ditemui di pedesaan, salah satunya di Dusun Mbawi Kulon, Desa Hargoretno, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Minimarket Berdiri Bebas, Izin Pendirian Perlu Ditinjau

Salah satu pasar modern (minimarket) berdiri bebas di Bumi Wali. Bahkan aturan standard pendirianya banyak yang perlu ditinjau kembali. Seharusnya jarak pendirian pasar modern dengan pasar tradisional minimal 500 M.

Olsop Tak Pengaruhi Jualan di Pasar

Belakangan ini penjualan dengan cara online, atau bisa disebut shop (olshop), tengah marah. Bahkan, bukan hanya di kota, melainkan telah sampai di kecamatan-kecamatan. Walaupun begitu, keberadaan olshop tidak seberapa mempengaruhi jualan warga di pasar tradisional.

Parengan, Sentra Produksi Batu Krecak

Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban menjadi pusat produksi batu krecak atau batu yang berukuran kecil. Biasanya batu ini selalu dicari masyarakat sebagai material bangunan.

Blok Migas Tuban

Jelang Habis, Kontrak JOB P-PEJ Belum Jelas

Tahun 2018 mendatang, informasinya kontrak Wilayah Kerja (WK) di Blok Migas Tuban yang dimiliki Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java (JOB P-PEJ) telah habis. Sesuai aturan, proses negosiasi perpanjangan bisa dilakukan dua tahun sebelum masa kontrak habis.

Kilang Pertamina di TPPI

Minyak Mentah TPPI Bukan dari Blok Cepu

Kilang minyak milik PT Pertamina di PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (PT TPPI), Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, telah beroperasi antara 70% dari kapasitas maksimal. Tetapi, bahan baku minyak mentah ternyata disuplai dari jauh, bukan asal produksi sekitar.

Dari Limbah Kayu, Bernilai Jutaan

Di mata Wijianto, semua yang ada disekitar kita sebenarnya bisa kita manfaatkan dan mampu menghasilkan pundi-pundi uang. Begitu pula limbah-limbah atau sisa tebangan pohon jati di Hutan KPH Jatirogo, bisa dimanfaatkan sebagai sumber mata pencaharianya. Bahkan, bisa mengurangi pengangguran warga sekelilingnya.

Harga Jagung Meningkat, Petani Sumringah

Petani jagung di Kecamatan Montong, Kabupaten  Tuban bisa tersenyum senang dan sumringah. Sebab, saat ini harga penjualan jagung kepada pengepul mengalami peningkatan.