Jelang Habis, Kontrak JOB P-PEJ Belum Jelas

Reporter: M.A. Qohhar

blokTuban.com - Tahun 2018 mendatang, informasinya kontrak Wilayah Kerja (WK) di Blok Migas Tuban yang dimiliki Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java (JOB P-PEJ) telah habis. Sesuai aturan, proses negosiasi perpanjangan bisa dilakukan dua tahun sebelum masa kontrak habis.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, hingga kini kejelasan perpanjangan kontrak masih belum dibahas secara detail. Bahkan, beberapa pejabat di JOB P-PEJ juga belum mengetahui secara rinci. Termasuk dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Field Manager (FM) JOB P-PEJ, Junizar H. Dipowirjo mengatakan, sampai saat ini di internal masih belum ada pembicaraan secara spesifik mengenai hal itu. Yakni masa kontrak yang akan selesai pada tahun 2018 mendatang. Namun, dari perjanjian sebelumnya akan diketahui bagaimana mekanismenya.

"Saya belum bisa berbicara banyak hal tersebut, karena pastinya nanti pembicaraan berada di Jakarta," tegas Junizar.

Kemungkinan kalau ada pembicaraan sejak awal, bisa saja di tahun 2016 mendatang. Tapi ia juga belum mengetahui. Yang jelas, biasanya pemilik kontrak sekarang ini akan mempunyai prioritas untuk menegosiasi ulang dan memperpanjang. Walaupun keputusan tetap ada di Pemerintah Pusat. [mad/ito]