CEK FAKTA: SALAH, Singa Menggali Kuburannya Sendiri

Reporter: Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com - Sebuah video dengan caption Seekor Singa yang sekarat tertangkap kamera sedang menggali kuburannya sendiri, Viral. Video berdurasi 37 detik tersebut diunggah akun Instagram @apaaja_viraal.

Hingga berita ini ditulis, video tersebut sudah mendapat 30.006 suka. Sementara yang merespon dengan komentar sebanyak 156.


HASIL CEK FAKTA
Berdasarkan hasil penelusuran tim turnbackhoax.id, adanya video yang menampilkan seekor singa sedang menggali sebuah lubang dengan klaim bahwa singa tersebut sedang menggali lubang untuk kuburannya sendiri merupakan klaim yang salah.

Faktanya, bukan menggali kuburannya sendiri. Singa tersebut menggali lubang persembunyian babi hutan selama 7 jam untuk dimangsa.

Melansir dari Dailymail.co.uk, video tersebut terjadi di Taman Nasional Maasai Mara. Lebih lanjut, babi hutan memang menggunakan lubang di tanah sebagai tempat berlindung untuk tidur dengan aman di malam hari, serta untuk melindungi anak-anak mereka dari pemangsa.

 

KESIMPULAN
Dengan demikian, klaim seekor singa yang sekarat tertangkap kamera sedang menggali kuburannya sendiri adalah salah dan masuk kategori konteks yang salah. [Lis/Rof]

 

RUJUKAN

https://turnbackhoax.id/2023/04/04/salah-video-singa-ini-menggali-kuburanya-sendiri/
https://turnbackhoax.id/2022/06/03/salah-singa-ini-menggali-kuburan-sendiri/
https://www.dailymail.co.uk/news/article-9426547/Dig-pig-Lion-claws-mud-seven-hours-uncover-warthog-hiding-burrow.html

Publish date : 2024-04-16