Woodball Tuban Andalkan Keberuntungan Disaat Minim Perhatian

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Meski minim perhatian dari pemerintah, Cabang Olahraga Indonesia Woodball Association (IWbA) Kabupaten Tuban berharap keberuntungan pada perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur (Jatim) ke VIII tahun 2023. 

Diselenggarakan di Lapangan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Sabtu-Selasa (9-13/9/2023). Dengan 7 nomor pertandingan tunggal, ganda dan tim.

Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) IWbA Tuban, Cipnal Muchlip M menjelaskan selama beberapa tahun tidak ada dana pembinaan dari pemerintah. 

Selain itu sarana mengikuti kompetisi-kompetisi regional juga terbatas. Hal ini mempengaruhi kemampuan atlet. 

"Meski minim perhatian, kamu tetap akan berjuang semampu kami. Selama ini sebagian besar mengandalkan swadaya dari pengurus dan pelatih. Di atas kertas kita masih belum sepadan. Mulai sarana pembinaan maupun prasarana lainnya. Bahkan Porprov kali ini kontingen lain banyak yang kirim full tim 16 atlet, kita hanya diperbolehkan separuhnya saja. Banyak peluang yang hilang," ungkapnya, Minggu (10/9/2023).

Termasuk dalam Porprov kali ini, Woodball Tuban menanggung pembiayaan operasional dan lainnya untuk 4 pelatih dan 4 official. Dengan mengirimkan 8 atlet terdiri 4 putra dan 4 putri. 

"Kita kali ini juga menanggung lumayan untuk operasional 5 hari selama pertandingan pelatih dan official. Kami tidak berani menargetkan tinggi karena kami sadar diri," imbuhnya.

Ditanya target, Cipnal hanya mengungkapkan setidaknya medali perunggu pada Porprov VII dapat kembali diraih meski dari nomor berbeda. Karena hari pertama, nomor single stroke, kedua atlet Tuban belum mampu meraih prestasi. Untuk single stroke putri hanya mampu masuk final dengan peringkat 10. 

"Kami berharap keberuntungan memihak kita, karena pertandingan ini banyak faktor yang dapat mempengaruhi juara," harapnya.

Kontingen Kabupaten Tuban mengikuti pertandingan single stroke putra dan putri, double stroke putri, mix fairway dan team fairway putra. Sehingga ada 2 nomor yang absen diikuti. 

"Kami sudah berupaya semampunya, untuk hasil kita pasrahkan saja kepada Yang Maha Esa," pungkasnya. [*/Ali]