Lamongan dan Bojonegoro Sudah Koleksi Perunggu, Tuban Masih 0 Medali

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Kabupaten Tuban tertinggal dalam perolehan medali Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jatim tahun 2023 dibanding kabupaten tetangga. Lamongan dan Bojonegoro lebih dulu telah mengoleksi medali perunggu. 

Dikutip blokTuban.com dari situs Koni Jatim, bahwa Kabupaten Tuban kini masih 0 medali. Bersama dengan Kabupaten Tulungagung, Nganjuk, Kota Probolinggo, Kota Madiun, Kota Batu, Kabupaten Situbondo, dan Pacitan. 

Sementara perolehan poin Porprov VIII Jatim 2023 masih dipimpin Kota Surabaya dengan nilai 61. Posisi kedua diisi Jember dengan nilai 41, ketiga ada Sidoarjo 28 poin, urutan keempat ada Pamekasan dengan 24 poin, lalu urutan kelima Gresik dengan 24 poin. 

Urutan keenam dan ketujuh diisi Blitar dan Kota Malang dengan masing-masing 15 poin, urutan kedelapan ada Ponorogo dengan 13 poin, kesembilan Lumajang dengan 11 poin, dan urutan ke sepuluh Trenggalek dengan 11 poin. 

Baca Juga:

Bupati Tuban Kirim 323 Atlet Ikuti Porprov VIII Jatim, Targetkan Masuk 10 Besar

Kabupaten Tuban mengirimkan 390 kontingen terdiri dari 323 atlet dan 67 pelatih serta official. Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky berharap kontingen Tuban mampu memenuhi target 150 poin dan masuk 10 besar. Pundi-pundi medali, terutama emas harus dimaksimalkan. Pemkab Tuban telah menyiapkan reward bagi atlet Tuban yang berprestasi. 

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Tuban, Muhammad Emawan Putra menyebutkan seluruh kebutuhan kontingen di 4 kabupaten/kota tempat gelaran Porprov telah dipenuhi 100 persen. Setiap lokasi disiapkan petugas untuk memantau kondisi kontingen dan prestasinya.

Sebelumnya, para atlet telah mengikuti Puslatkab yang dilakukan selama 6 bulan lalu. Puslatkab kali ini difokuskan kepada 130 atlet di 21 cabor. Mereka adalah atlet berprestasi pada Porprov tahun 2022 Kejurprov dan Kejurnas. Adapun cabor yang diandalkan untuk mendulang medali emas diantaranya gulat, sambo, jiu jitsu, angkat berat dan atletik.

Baca Lainnya:

Targetkan Perunggu di Porprov VIII Jatim, Tuban Turunkan 5 Atlet Catur

Porprov Jatim) VIII tahun 2023 akan segera digelar. Acara bergulir mulai tanggal 9-16 September 2023, di 4 wilayah Jawa Timur yaitu Kabupaten Sidoarjo, Mojokerto, Jombang dan Kota Mojokerto. [Ali]