Soroti Kebakaran Lahan GRR Tuban, Anggota DPRD Jatim: Pertamina Harus Usut Tuntas

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Peristiwa kebakaran yang terjadi kawasan lahan minyak milik Grass Root Refinery (GRR), berhasil membakar lahan seluas kurang lebih 155 hektare, dengan kerugian diperkirakan mencapai Rp50 hingga Rp70 miliar. 

Kejadian kebakaran tersebut, tentu mendapat sorotan dari berbagai pihak, salah satunya ialah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur, Nur Aziz. 

Kepada blokTuban.com, politisi asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut, meminta agar pihak Pertamina mengusut tuntas, penyebab dari adanya peristiwa kebakaran ini sengan melibatkan instansi terkait, dan mempublikasikan hasilnya kepada publik. 

"Keterlibatan pihak luar untuk ikut serta dalam pengusutan ini, juga sangat penting untuk mengetahui hasil yang akurat dan kefalidikan penyebab kebakaran dan menjaga independensi," ujarnya, Rabu (6/9/2023). 

Selain itu, pria yang akrab disapa Aziz ini juga menilai bahwa meluasnya luas wilayah yang terbakar tersebut, mengindikasikan pihak Pertamina kurang dalam melakukan upaya pemadaman secara maksimal. 

Oleh karena itu, ia berharap untuk ke depannya adanya kasus seperti ini tidak terulang kembali, serta dapat diantisipasi lebih dini, dengan melakukan melakukan penanggulangan yang cepat dan takeluas. 

"Hal ini penting dilakukan agar kedepan tidak menimbulkan traumatik warga ketika kilang minyak Pertamina ini beroperasi dan ada kejadian serupa," jelasnya. 

Dengan melakukan hal tersebut, lanjutnya, maka masyarakat yang tinggal dilingkungan sekitar, akan merasa lebih aman, sehingga tidak menimbulkan keresahan ataupun trauma di kemudian hari, saat pabrik tersebut kembali beroperasi secara total. [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS