Membanggakan, Atlet Angkat Besi Jatim Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Jalan Eko Yuli Irawan, atlet angkat besi Jatim menuju Olimpiade Paris 2024 mulus. Usai Eko Yuli meraih dua medali perak di Kejuaraan Dunia Angkat Besi IWF 2023 di Riyadh, Arab Saudi yang berlangsung hingga 17 September 2023. 

Kejuaraan Dunia tersebut merupakan babak kualifikasi Olimpiade Paris Tahun 2024. Lifter andalan Indonesia ini turun di kelas 67 kg dan memastikan medali perak dengan total angkatan 321 kg.

Dikutip blokTuban.com dari situs resmi Koni Jatim, Minggu (10/9/2023), dia berhasil mencatat snatch terbaik kedua seberat 146 kg, pada clean and jerk, Eko berada di posisi keempat dengan 175 kg. Tepat di bawah lifter Korea Selatan Lee Sang-Yeon yang selisih 1 kg lebih berat dari angkatan Eko.

Dengan perolehan tersebut Eko berhasil mengantongi tiket menuju Olimpiade Paris 2024, dengan rencana bersaing di kelas 61 kg.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman memberikan apresiasi kepada lifter asal Jawa Timur ini.

Baca Juga:

Berangkat Ikuti Porprov Jatim VIII, Tim Sepeda Tuban Targetkan Medali Emas

“Selamat kepada Eko Yuli Irawan yang telah berhasil meraih dua medali perak dan memastikan tiket Olimpiade Paris 2024, hal ini menunjukkan bahwa atlet angkat besi Indonesia dapat bersaing dengan lifter terbaik dunia lainnya. Semoga Eko Yuli Irawan dapat meraih medali Olimpiade ke-5 pada Olimpiade Paris yang akan datang,” ujar Ketum KONI Pusat dikutip dari Sportbloc.

Di empat edisi Olimpiade sebelumnya, Eko yang kini berusia 34 tahun itu berhasil mengoleksi empat medali untuk Indonesia. 

Dua medali perunggu diraih pada Olimpiade 2008 Beijing (kelas 56 kg) dan Olimpiade 2012 di London (kelas 62 kg). Sementara medali perak ia raih pada Olimpiade 2016 di Rio (kelas 62 kg) dan Olimpiade 2020 di Tokyo (61 kg).

“Saya berharap prestasi Eko dapat memotivasi lifter-lifter Indonesia lainnya untuk bisa terus berprestasi dan mengamankan tiket Olimpiade.” tegas Ketum KONI Pusat. [Ali]