Tauladan Para Wali, Rombongan PKB Berziarah ke Makam Sunan Bonang Tuban

 

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Rombongan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berziarah ke makam Sunan Bonang, setelah berkunjung ke Makam Sunan Gunung Jati, dan juga Sunan Kalijaga, dalam rangka agenda Tour De Walisongo. 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Menteri Tenaga Kerja (Menaker RI), Ida Fauziyah, Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid, Ketua Fraksi PKB DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal, Anggota Fraksi PKB DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, DPC PKB Tuban, PCNU Tuban, Pengurus Yayasan Mabarot Sunang Bonang, Muslimat NU, Fatayat NU, DPC Perempuan Bangsa, Ansor, IPNU - IPPNU, PMII, dan juga IKA - PMII. 

Dalam kesempatan itu, Menaker Ida Fauziah mengatakan jika kegiatan Tour De Walisongo di Jawa Timur, dimulai dari Makam Sunan Bonang Tuban. Menurutnya, selain berziarah kubur, di Makam Sunan Bonang pihaknya juga dapat mengambil banyak pelajaran dari perjuangan dakwah yang dilakukan oleh Sunan Bonang. 

Seperti halnya mampu mengkombinasikan dakwah, dengan semangat jalan yang dilakukan dalam melakukan dakwah, baik melalui kesenian maupun kultur kebudayaan. 

"Beliau mampu mengkombinasikan dakwah dengan semangat, jalan yang dilakukan dalam melakukan dakwah diantaranya adalah melalui seni dan budaya," ungkapnya kepada sejumlah awak media, Sabtu (9/9/2023).

Rombongan PKB berziarah ke makam Sunan Bonang Tuban. (Foto: Savira W Sofyana/ bloktuban)

Disisi lain, perempuan yang akrab disapa Ida ini mengatakan bahwa Sunan Bonang merupakan seorang wali yang mempu menemukan perbedaan-perbedaan, antara agama, dalam hubungan kemasyarakatan yang sangat indah meskipun perbedaan agama tersebut ada. 

Dari dakwah yang dilakukan oleh Sunan Bonang tersebut, pihaknya mengaku menjadi banyak belajar. Oleh karena itu, ia berharap bahwa PKB mengambil banyak pelajaran dari perjalanan yang dilakukannya tersebut. 

"Harapannya PKB banyak sekali mengambil pelajaran dari beliau sesungguhnya, kalau soal ziarah itu adalah bagian dari tradisi kebiasaan sebagian besar anggota PKB," katanya. 

Hanya saja, Ida mengaku jika dalam momentum perhelatan politik, pihaknya banyak sekali mengambil perjalanan baik dakwah yang dilakukan oleh para wali songo. 

Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut pihaknya juga tidak lupa untuk mendoakan Pimpinan PKB tersebut, untuk bisa ikut dalam Pemilu Pilpres pada Tahun 2024 mendatang. 

"Kita mendoakan Gus Muhaimin itu tidak hanya pada saat kita melakukan ziarah ke para makam wali, dalam setiap waktu tentu kita juga mengharapkan berdoa kepada Allah mudah-mudahan perjalanan politik ketua umum menjadi wakil presiden dimudahkan oleh Allah, apalagi ini doa yang dilakukan di kekasihnya Allah," ucapnya. 

Lebih lanjut, Ida juga menambahkan jika Jawa Timur sendiri merupakan lumbung perolehan suara terbesar PKB, di Indonesia. Sehingga ia optimis jika PKB di Kabupaten Tuban maupun beberap kabupaten yang ada di Jawa Timur lainnya, menjadi juara. [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS