Mental dan Serangan Balik Fokus Latihan Tim Futsal Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Meski dipastikan lolos babak 16 besar di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur tahun 2023, tim futsal Kabupaten Tuban masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah (PR). 

PR terbesar adalah perbaikan mental pemain. Hal ini menjadi catatan khusus Pelatih Tim Futsal Tuban, Ricky Bayu. Guru di SMA N 2 Tuban ini membeberkan, faktor mental menjadi penentu anak asuhnya berhasil meraih dua kemenangan beruntun di dua laga terakhir. 

Ricky mengaku jika kekalahan pertama di pertandingan pertama dikarenakan mental pemain yang agak tergoncang. Pasalnya, kiper utama sudah diganjar kartu merah di menit awal pertandingan. 

"Selain itu, pada babak kedua, kapten tim juga diusir keluar karena mendapat dua kali kartu kuning," ujar Ricky dikutip blokTuban.com, Jumat (8/9/2023).

Setelah evaluasi tim, pada pertandingan selanjutnya, mental pemain kembali terangkat setelah melihat performance kiper ketiga yang kokoh mengamankan gawang. Hasilnya, tim futsal Tuban berhasil meraih dua kemenangan meyakinkan atas Blitar dan Lamongan.

Diharapkan pada babak 16 besar mental pemain tetap terjaga, terlebih ada 2 pemain inti yang harus absen karena akumulasi kartu kuning. 

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada pihak manajemen karena memberikan support penuh dalam memenuhi kebutuhan pemain. Simbiosis yang baik tersebut diharapkan mampu menjaga tren kemenangan tim Futsal Tuban.

Selain itu, lolosnya tim futsal putra juga menjadi pemacu semangat asosiasi futsal kabupaten (Afkab) Tuban untuk menggulirkan kompetisi. Ia yakin, kompetisi yang baik akan memunculkan talenta yang baik pula.

Diketahui, hasil dua kemenangan dan satu kekalahan, menempatkan Kabupaten Tuban di peringkat ke dua klasemen akhir Grup C dengan raihan 6 poin. Hasil kemenangan 5-1 atas tim Kota Blitar dan 1-0 atas Kabupaten Lamongan. Tim futsal Tuban hanya sekali kalah dari pemuncak klasemen Kabupaten Jember dengan skor 2-5. 

Kabupaten Jember sendiri memiliki koleksi jumlah poin akhir yang sama dengan Kabupaten Tuban, yaitu 6 poin. Daerah Tapal Kuda ini keluar sebagai juara grup karena menang head to head atas Tuban. Sementara Lamongan dan Kota Blitar berada di posisi ke tiga dan empat, masing-masing mengumpulkan 3 poin.

Pasca pertandingan penyisihan grup selama 10 hari di Sidoarjo, ia memberikan kesempatan kepada para pemain pulang dan melepas rindu di keluarga masing-masing.

"Para punggawa tim futsal Tuban akan kembali berkumpul pada Minggu pagi untuk berangkat mengikuti opening ceremony Porprov VIII Jatim di Stadion Gelora Delta Sidoarjo yang dimeriahkan penampilan musik band Padi reborn dan Cak Sodiq," terangnya.

Setelah itu, lanjut Ricky, tim akan kembali fokus untuk menatap pertandingan babak 16 besar yang dijadwalkan dilaksanakan pada Selasa, dengan melakukan latihan pemantapan pola permainan serta menjaga kebugaran pemain.

Latihan rencananya akan dilaksanakan di SL Stadium Sidoarjo yang memiliki karakter serta luas lapangan yang sama dengan venue resmi cabor futsal Porprov Jatim. Fokus latihan ada pada determinasi pertahanan dan efektivitas counter attack. [Ali]