Jelang Malam, Pantura Tuban Padat Merayap

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Jalur Pantura Tuban benar-benar merayap menjelang malam. Pantauan blokTuban.com, sejak pukul 13.00 kendaraan yang melintas di bumi wali harus merayap pelan sejak masuk wilayah kota.

Kendaraan yang masuk untuk memeriahkan Haul Sunan Bonang benar-benar padat. Ditambah dengan kendaraan yang sekadar melintas dari arah Surabaya menuju ke Semarang, ataupun sebaliknya.

"Saya yang biasanya jalan di Tuban hanya 15 menit, sekarang hampir satu jam baru sampai tujuan," kata Doni (32), seorang pengendara kepada blokTuban.com.

Doni mengaku berangkat dari kawasan Jalan Manunggal dan berencana menuju ke Kelurahan Perbon yang jaraknya tidak lebih dari 6 kilometer.

Begitu juga dengan Samsudin (41), seorang pengemudi truk yang berasal dari Lamongan dan akan menuju Pati. Menurutnya, kemacetan yang terjadi sore ini luar biasa. Jaraknya lebih dari satu jam dari waktu tempuh normal.

"Tapi memang satu tahun sekali, tahun lalu saya kebetulan melintas juga mengalami macet yang sama," kata Samsudin.

Puluhan ribu orang menghadiri acara Haul Sunan Bonang yang berpusat di Alun-Alun Kabupaten Tuban. Meski petugas sudah melakukan rekayasa lalu lintas, namun banyaknya kendaraan dan jumlah jemaah terus meningkat sehingga menyebabkan kemacetan. [pur/col]