Awas Pergantian Musim, Masyarakat Harus Waspada

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sebagian wilayah di Kabupaten Tuban telah turun hujan. Hal itu disebabkan adanya perubahan suhu yang mempengaruhi perubahan cuaca.

Dalam hal ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, meminta masyarakat lebih waspada saat memasuki pergantian musim. Sebab, tidak menutup kemungkinan hal-hal buruk akan menimpa masyarakat.

"Pergantian musim akan membawa dampak pada curah hujan," kata Kepala Pelaksana BPBD Tuban, Joko Ludiono kepada blokTuban.com, Rabu (4/10/2017).

Mantan Camat Grabakan itu menerangkan, memasuki pergantian musim ini hujan akan lebih sering turun. Untuk itu masyarakat diminta waspada banjir, tanah longsor, puting beliung dan petir.

"Masyarakat harus tetap waspada," tegas pria berkaca mata itu.

Diungkapkan Joko sebelumnya, jika bulan September 2017 lalu merupakan puncak musim kemarau. Akibatnya, kekeringan terjadi dan warga kebingungan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari.

Pihaknya juga mengklaim, sesuai prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), musim hujan jatuh di akhir September. Saat memasuki musim hujan, lanjut dia, yang patut diwaspadai adalah adanya hujan lebat yang berakibat banjir bandang. Sebab lahan yang terlalu kering serapan airnya minim. [rof/rom]