Area Makam dan Alun-alun Bersih dari Gepeng

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Selama ini acara Haul Sunan Bonang Tuban menjadi berkah bagi para Pedagang Kaki Lima (PKL) dari berbagai daerah. Mereka memanfaatkan moment tahunan tersebut untuk mendapatkan berkah dengan membuka lapak dan menjajakan dagangannya.
 
Tak hanya dimanfaatkan oleh PKL saja, namun dalam rangkaian haul biasanya juga dimanfaatkan oleh banyak Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) yang berdatangan dari berbagai daerah. Mereka berdatangan sebelum acara haul hingga acar puncak, tujuannya untuk meminta-minta kepada masyarakat yang menghadiri haul.

Namun dari keterangan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tuban, Heri Muharwanto, hingga saat ini, Rabu (3/10/2017), pihaknya belum menemukan adanya Gepeng yang berkeliaran di area makam maupun di alun-alun Tuban.

“Dari pantauan kami sejak kemarin hingga saat ini, di area makam maupun alun-alun masih bersih dari Gepeng,” ungkap Kasatpol PP Tuban saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Pihaknya menambahkan, kadang Gepeng tersebut datang dengan berpakaian bersih, dan saat memasuki area makam ganti dengan pakaian yang compang-camping. Namun ia menegaskan lagi, untuk sementara ini dari hasil pemantauan anggotanya, area makam dan alun-alun masih bersih dari Gepeng.

“Agar kondisi berjalan tertib terus hingga pelaksanaan haul selesai, kita selalu melakukan pemantauan,” pungkasnya. [hud/rom]