Tekankan Pengelolaan CSR agar Manfaatnya Terasa di Tuban

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban telah mengambil langkah penting dengan melibatkan sejumlah lembaga dan instansi di Kabupaten Tuban dalam melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap program Corporate Social Responsibility (CSR) SIG Pabrik Tuban yang telah dilaksanakan pada tahun 2023.

Kegiatan pemantauan dan evaluasi ini difokuskan pada beberapa lokasi, antara lain Food Court Desa Gaji, Kecamatan Kerek, Agro Wisata Kebun Kelengkeng Desa Sugihan, Eko Wisata Silowo Desa Mandirejo, dan Café Kampung Sagoe Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

Partisipan dalam kegiatan ini meliputi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Tuban, akademisi, dan media massa lokal.

Breddy Ariyanto Muntahir, Sekretaris Disbudporapar Kabupaten Tuban, mewakili Pemerintah Kabupaten Tuban, mengungkapkan penghargaan kepada SIG atas kontribusinya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan mendukung sektor pariwisata melalui kegiatan pemberdayaan.

"Pentingnya kolaborasi dan inovasi antara perusahaan, pemerintah, dan stakeholder lainnya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya, Jumat (26/4/2024). 

Breddy juga menekankan pentingnya pengelolaan program CSR oleh pemerintah desa dengan baik agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Warsito, Kepala Desa Sugihan, menyampaikan terima kasih kepada SIG atas dukungan CSR yang telah membantu desanya. 

"Program-program pemberdayaan masyarakat yang telah dijalankan bersama SIG telah memberikan manfaat yang signifikan bagi Desa Sugihan," imbuhnya. 

Sedangkan Dharma Sunyata, Senior Manager of Corporate Communication SIG Pabrik Tuban, menjelaskan bahwa keterlibatan berbagai pihak dalam pemantauan ini bertujuan agar program CSR yang telah dilaksanakan oleh perusahaan dapat dipahami secara langsung oleh instansi dan masyarakat terkait. 

Hal ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berharga untuk pengembangan program CSR di masa mendatang.

"Dengan melibatkan berbagai pihak dalam kegiatan pemantauan ini, SIG berharap bahwa masyarakat dapat melihat sendiri manfaat dari program-program CSR yang telah dijalankan perusahaan di wilayah sekitar," tandasnya. [Dwi/Ali]