Pelanggar Lalu Lintas Diceramahi Ustadz

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sejumlah pengendara kendaraan bermotor mendapat ceramah agama. Setelah terjaring razia lalu lintas ketika melintas di kawasan bundaran Patung Letda Soetjipto, Kabupaten Tuban.

Pantauan blokTuban.com, razia Ramadan yang digelar puluhan petugas kepolisian itu dimulai pukul 09.00 di Pos Polisi Patung. Pengendara yang tidak mampu menunjukkan kelengkapan surat kendaraan, tidak memakai helm, ataupun kendaraan tidak sesuai standart, langsung digiring menuju bangku tunggu di salah satu tenda yang disediakan. Para pelanggar tersebut tidak ditilang, tetapi justru mendapat siraman rohani dari seorang ustadz yang didatangkan petugas kepolisian.

"Khusus di bulan Ramadan, pengendara yang melanggar lalu lintas kita berikan siraman rohani," jelas Kapolres Tuban, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fadly Samad, kepada blokTuban.com, Rabu (12/6/2016).

Selain siraman rohani, pelanggar juga diberikan himbauan lalu lintas. Supaya tidak mengulangi pelanggaran yang dilakukan. Dijelaskan kalau tujuan tertib lalu lintas, adalah untuk keselamatan pengguna jalan sendiri.

"Sudah terlalu sering kecelakaan lalu lintas yang terjadi karena kelalaian pengendara itu sendiri," kata Fadly.

Beberapa saat setelah memberikan siraman rohani dan himbauan tertib lalu lintas. Surat kendaaan yang ditilang langsung diberikan kepada pengendara. Denga catatan mereka tidak akan mengulang kesalahan yang sama. [pur/ito]