Bupati Tuban Resmi Menjabat Usai Dilantik

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Bupati dan Wakil Bupati Tuban, Fathul Huda-Noor Nahar Hussein resmi menjabat usai dilantik oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Senin (20/6/2016) di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Pelantikan dilaksanakan pukul 10.00 WIB setelah Gubernur memasuki aula tepat sesuai jadwal agenda pelantikan.

Dalam prosesi pelantikan, Terlebih dahulu Gubernur membacakan SK Pemberhentian dari Menteri dalam Negeri (Mendagri) berkaitan dengan akhir masa jabatan Bupati Wakil Bupati Tuban terhitung mulai dari 20 Juni 2011 hingga 20 Juni 2016.

Usai membacakan SK pemberhentian, Gubernur yang lekat dengan sebutan Pak Dhe Karwo selanjutnya membacakan SK Pengangkatan Bupati Periode kedua, terhitung mulai 20 Juni 2016 hingga 20 Juni 2021.

Soekarwo dalam pidatonya, pertama-tama mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali pasangan incumben, dengan terpilihnya kembali maka sudah barang tentu harus melaksanakan program-program yang belum terealisasikan. Seperti diketahui bersama. bahwa Tuban merupakan daerah Industri yang sangat produktif, banyak perusahaan besar menancapkan bendera di Kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah ini.

"Saya meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati untuk meneruskan pembangunan, dengan tidak lupa kepada kesejahteraan masyarakat sekitar," ujar politisi asal Demokrat.

Lanjut Soekarwo, pembangunan harus dilakukan berdasarkan asas efektifitas bukan efisiensi, sebab dalam pemerintahan itu tidak mengenal untung dan rugi melainkan manfaat bagi masyarakat. Efisiensi hanya dilakukan oleh perusahaan, bukan dilaksanakan oleh Govermen atau pemerintahan.

"Bupati dan Wakil Bupati harus menjalankan itu untuk menuju kesejahteraan masyarakat Tuban, pembangunan harus dilakukan seadil-adilnya agar masyarakat mendapatkan manfaatnya," pungkas Mantan Ketua Pimpinan Pusat Persatuan Alumni GMNI.

Diketahui, dalam prosesi pelantikan tersebut turut hadir jajaran Forpimda, Satuan Kerja Pelaksana Daerah (SKPD), Camat, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Eks Panwaskab Kabupaten Tuban, serta bebrapa tamu undangan lainnya .[nok/ito]