PC IPNU – IPPNU Tuban Launching Buku Pedoman LAKUT

Reporter : Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Berkat perjuangan yang keras, Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PC IPNU-IPPNU) Tuban, akhirnya berhasil melaunching Buku pedoman pengkaderan Pelatihan Kader Utama (Lakut) bersama Ketua DPRD Kabupaten Tuban, Miyadi.

“Penyusunan buku pedoman Lakut, merupakan terobosan yang luar biasa. Tidak semua cabang IPNU-IPPNU di Jawa Timur bahkan se-Indonesia mampu menyusun buku seperti ini,” ungkap Politisi PKB tersebut.

Launching buku pedoman Lakut tersebut, masih dalam rentetan agenda PC IPNU-IPPNU Tuban yang dikemas dalam kegiatan Gema Ramadan 2016 tahun ini.

Buku Lakut yang diberi judul ‘Esensi Gerakan Pelajar Nu Di Era Global’ ini disusun setebal kurang lebih 300 halaman. Buku pedoman yang digarap oleh tim pengkaderan PC IPNU-IPPNU Tuban ini, sebagai tindak lanjut dari karya pengurus sebelumnya yang telah berhasil meluncurkan Buku Pedoman Lakmud ‘Benteng Ideologi Pelajar’ dan Buku Pedoman Makesta ‘Perisai Pelajar’.

Ketua redaksi penyusunan buku, Musyafa' mengakatan, buku Lakut ini mengusung ide-ide penguatan Gerakan Pelajar NU dalam mempertahankan dan menerapkan ASWAJA, sebagai Manhajul Fikri dalam bermasyarakat dan bernegara.

"Pembuatannya merujuk pada Buku Pedoman Pengkaderan Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama yang diterbitkan Tahun 2012 lalu,” ungkapnya.

Lanjut Musyafa’, dengan maraknya perkembangan aliran-aliran yang merongrong NKRI dan Aswaja itu sendiri, khususnya di wilayah Kabupaten Tuban. Maka PC IPNU dan IPPNU Tuban sangat merasa perlu memiliki pasukan husus yang menjadi kader penggerak ASWAJA yang tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Tuban.

“Dan untuk itulah Pelatihan Kader Utama kali ini dibekali dengan Buku ‘Esensi Derakan Pelajar NU di Era Global’ diadakan,” Imbuh Musyafa’.

Buku Pedoman Lakut ini disusun untuk memenuhi kebutuhan kader-kader IPNU dan IPPNU di Kabupaten Tuban. “Dengan terbitnya buku ini diharapkan para kader mampu membaca keadaan saat ini, susuai arahan yang tercantum dalam buku. Serta mampu mendorong peningkatan kualitas kader,” ujar ketua PC- IPPNU Tuban, Falahuddin.

Disampaikan sebelumnya, sejumlah pemateri yang diundang panitia dalam kaderisasi kali ini antara lain Ketua DPRD Tuban, Ketua Fitra Kabupaten Tuban, Ketua Lakpesdam NU Kabupaten Tuban, Ketua LTNNU Kabupaten Tuban, dan Ketua Aswaja NU Center Kabupaten Tuban.[rof/ito]