Batik Gedog Jimbun, Diprakarsai Jemaah Tahlil

Reporter:  Khoirul Huda

blokTuban.com - Siapa sangka Batik Gedog Jimbun yang menjadi ikon batik khas Desa Ngawun, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban ini diprakarsai oleh kelompok jemaah tahlil.

Ketua kelompok pembuatan Batik Gedog Jimbun membenarkan hal itu, bahwasanya para jamaah tahlil yang kebanyakan adalah para petani ini meluangkan waktu santainya dengan membuat batik.

"Kelompok yang didominasi oleh ibu-ibu rumah tangga memulai membuat kerajinan batik gedog pada dua tahun lalu. Namun perjalanan yang telah menginjak usia dua tahun tersebut tidak selalu berjalan mulus," ungkap ketua pembuatan Batik Gedog Jimbun, Endah Harjito, kepada blokTuban.com, Sabtu (23/4/2016).

Tidak tanggung-tanggung, untuk menunjang keterampilan kelompok jemaah tahlil dalam membuat batik, pengurus mendatangkan pelatih yang telah berpengalaman untuk membimbing para perajin batik di desa yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Singgahan tersebut.

"Dan hasilnya alhamdulillah setelah beberapa bulan mengikuti pelatihan, dan pelatih didatangkan dari Kecamatan Kerek, para jamaah tahlil telah bisa membuat batik gedog meski peralatanya masih belum lengkap," sambungnya.

Masih kata Endah, saat ini batik Gedog Jimbun yang digagas oleh jamaah tahlil telah menjadi ikon desa setempat, dan memiliki motif khas yakni bunga jati. "Perajin batik tersebut saat ini telah ada kurang lebih 20 orang dan semua adalah jamaah tahlil," pungkas Endah.

Perlu diketahui, sebutan 'Batik Gedog Jimbun' sendiri tidak lain adalah nama bunga dari pohon jati atau kembang jati. Nama jimbun merupakan nama yang diambil untuk nama batik gedog Desa Ngawun, karena berdasarkan wilayah desa tersebut yang dikelilingi oleh pohon jati. [hud/rom]