SI - Pertamina Sepakati Kerjasama Bisnis Migas

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Dua perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Semen Indonesia, Tbk dan PT Pertamina (Persero) sepakat melakukan kerjasama bisnis di sektor Minyak dan Gas Bumi (Migas). Usai melakukan penandatanganan nota Kesepahaman tentang Pengembangan Potensi Kerjasama Migas di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta.

Kedua perusahaan itu, akan melaksanakan sinergi berupa pengembangan, penyediaan, dan pendistribusian produk serta jasa Pertamina kepada Semen Indonesia. Kemudian penggunaan produk-produk PT SI oleh Pertamina, dan pemanfaatan aset PT SI dan Pertamina di masing-masing wilayah kedua perusahaan tersebut.

"Selain merupakan bentuk nyata sinergi dua perusahaan, kerja sama ini tentunya akan mendukung rencana strategis dan operasional perusahaan," kata Direktur PT SI, Suparni, melalui siaran pers yang dikirimkan ke blokTuban.com, Sabtu (23/4/2016).

Diketahui, Semen Indonesia berupaya menyelesaikan dua pabrik semen terintegrasi, yakni di Rembang dan Indarung VI dengan masing-masing kapasitas produksi 3 juta ton per tahun. Selain itu, pada Maret 2016, Semen Indonesia juga menandatangani pendirian perusahaan patungan (JVC) dengan PT Samana Citra Agung yang bergerak di bidang produksi semen di Kabupaten Pidie, Aceh.

Kemudian untuk Pertamina, tengah gencar melakukan investasi-investasi infrastruktur strategis di sektor energi bersama mitra. Seperti proyek-proyek Refining Development Masterplan Program, New Grass Root Refinery (NGRR), infrastruktur penerima LNG dan pipa gas, infrastruktur storage dan distribusi BBM, modernisasi pabrik pelumas, serta pengembangan proyek hulu di dalam dan luar negeri untuk menjamin ketahanan energi nasional.

"Kami berharap kerjasama kelak dapat terealisasi sehingga membawa dampak positif bagi Pertamina dan Semen Indonesia," kata Direktur PT Pertamina, Dwi Soetjipto, di siaran pers yang sama. [pur/rom]