'Batik Gedog Jimbun' dari Desa Ngawun

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Mendengar nama Batik Gedog, pasti kita akan tertuju pada Kecamatan Kerek. Namun saat ini Desa Ngawun, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban juga mempunyai kerajinan yang membutuhkan ketelatenan tersebut.

Para pengrajin batik di Desa Ngawun telah berjalan selama kurang lebih dua tahun, dan mereka mematenkan nama khas batiknya dengan sebutan 'Batik Gedog Jimbun'. Dimana nama jimbun sendiri tidak lain adalah nama bunga dari pohon jati atau kembang jati.

"Nama jimbun merupakan nama yang diambil untuk nama batik gedog Desa Ngawun, karena berdasarkan wilayah desa tersebut yang dikelilingi oleh pohon jati," ujar ketua kelompok pembuat batik, Endah Harjito, kepada blokTuban.com, Sabtu (23/4/2016).

Tetapi dengan perbedaan nama yang diberikan kepada batik gedog di desanya. Kata Endah sapaan akrabnya, batik tersebut sama seperti batik yang berada di Kecamatan Kerek, hal ini dikarenakan tutorial atau pembimbing dalam pembuatan batik didatangkan dari Kecamatan Kerek.

"Untuk tutorial pembuatan batik gedog jimbun tersebut didatangkan dari Kecamatan Kerek, Begitu juga bahan-bahan dan alat-alat yang digunakan," tambah Endah.

Namun ada kekhasan tersendiri yang menempel pada batik gedog jimbun, yakni bunga jati yang tidak pernah ketinggalan di motif batik. [hud/rom]