Acara Trail Resmi dibuka, Berharap Hutan Lestari

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Acara trail yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Tuban, dengan Komunitas Tuban Edan Trail (TET), resmi dibuka Minggu (24/4/2016) pukul 09.00 WIB, bertempat di Tempat Penimbunan Kayu (TPK) Ngogroh Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban.

Kegiatan yang bertemakan 'Deklarasi Trail Pecinta Hutan dan Penanaman 1000 pohon' adalah merupakan serangkaian acara puncak dari Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT PWI ke 70.

Pembina trail Tuban, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Guruh Arif Dharmawan mengatakan, semoga acara trail ini bisa berjalan dengan lancar, dan sesuai dengan yang diharapkan oleh semua pihak. Sebab, kegiatan seperti ini sangat baik untuk menyambung tali silaturahmi antar sesama pecinta trail, baik yang dari Tuban ataupun luar Tuban.

"Saya berharap para pengendara (bikers) nantinya senantiasa berhati-hati untuk menjaga diri dalam perjalanan, karena rutenya cukup keras dan terjal," ujar Kapolres Tuban saat sambutan.

Sementara itu, Kabiro Perlindungan Hutan dan Kelola Sosial Divre Perhutani Jatim, Susilo Budi Wacono menyatakan, pelaksanaan giat trail ini begitu bagus manfaatnya untuk hutan, selain mereka melaksanakan aktivitas ekstrem yang berbahaya, juga melakukan penanaman 1000 pohon, tentunya dampaknya pasti akan sangat terasa untuk hutan di Tuban, sehingga diupayakan harus tetap ada ke depannya.

"Semoga pengendara bisa melampaui rute yang ada dan jika tersesat, maka tanyalah pada pohon di hutan, karena pecinta motor trail adalah sahabat hutan," pungkasnya.

Dalam acara tersebut, juga dilaksanakan deklarasi cinta hutan dan penanaman pohon oleh Komunitas Tuban Edan Trail (TET) bersama PWI Tuban sebagai bentuk kepedulian terhadap hutan di Tuban. [nok/rom]