Skip to main content

Category : Suara Pembaca & Citizen Jurnalism


Blok Cerpen

Takdir

Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan.

Takdir

Komunikasi yang Berkualitas dalam Organisasi atau Lembaga

- Manusia adalah makhluk sosial yang satu sama lain saling membutuhkan. Dan tidak ada satu orangpun yang tidak lepas dari bantuan orang lain sekecil apapun bentuk/jenis atau jumlah bantuannya. Komunikasi menurut KBBI adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami, hubungan, kontak.

Menilik Arah Kesiapan dan Strategi Partai Menjelang Pemilu 2024

Pemilihan umum (pemilu) merupakan suatu sarana demokrasi untuk menuju masyarakat adil, makmur dan sejahtera. Pemilu dilaksanakan untuk memilih wakil-wakilnya yang akan duduk di dewan perwakilan rakyat, dewan perwakilan rakyat daerah, pemimpin/kepala daerah dan presiden/wakil presiden. Demokrasi

Mengenal Keragaman, Budaya dan Bahasa dalam Perspektif Masyarakat

Nusantara merupakan sebutan wilayah yang saat ini di kenal sebagai negara Indonesia. Nusantara dikenal saat era kerajaan Majapahit. Cakupan wilayahnya menurut Kakawin Nagarakretagama pupuh XIII-XV (id.wikipedia.org, 2022), daerah kekuasaan Majapahit meliputi Sumatera, semenanjung Malaya, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara, Maluku, Papua, Tumasik (Singapura) dan sebagian kepulauan Filiphina.

Blok Cerpen

Tuhan Sebut Kita Sia - Sia

Tentang Aksa, tokoh favorit Asa. Saat itu, Asa dan Aksa yang bisa dikatakan bukan teman, bukan musuh, bahkan bukan saudara, namun hanya sebatas kenal saja dengan sengaja menjatuhkan hatinya kepada sebuah lingkup yang lebih dari kata “teman”.

Blok Cerpen

Sang Penjaga Bumi

Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan ke sawah.

Opini

Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ?

Ada celetukan yang sering muncul di antara teman-teman pelatih olahraga begini, latihan terus menerus tanpa bertanding itu sama artinya dengan merasa hebat tapi tidak teruji dan terbukti. Latihan terus tanpa ada kompetisi atau kejuaraan itu bagaikan hidup tanpa merasakan perjuangan.

Blok Resensi

Mencuri (Pesan) Raden Saleh Bersama Komplotan MRS

Mencuri Raden Saleh adalah salah satu film yang sudah saya tunggu sejak satu tahun yang lalu. sejak diumumkan akan ada pencurian terbesar abad ini oleh sang master mind- nya—Angga Sasongko.

Coretan Menyambut Haornas XXXIX

Apa Kabar Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) ?

Revisi Undang-Undang Nomor 3 tahun 2005 yang telah disahkan menjadi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2022 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (UU-SKN) ruhnya adalah Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).