Balap Liar

Penulis: Prastyo, Mahasiswa kampus STIE Muhammadiyah Tuban

blokTuban.com - Balap liar yang marak di kalangan remaja kini semakin melonjak, balap liar itu berbahaya bukan hanya bagi sang pengendara saja melainkan juga berbahaya bagi pengguna jalan lain dan fasilitas umum yang ada.

Hal ini terjadi karena remaja masih mencari jati diri mereka dan menuangkanya ke dunia otomotif, namun pengaplikasianya kurang benar yaitu dilampiaskan ke dunia balap liar.

Pada balap liar ini menggunakan kostum seadanya tanpa memikirkan keamanan (safety) dan tanpa ada yang bertanggung jawab, karena hal ini resiko kecelakaan sangat tinggi apalagi dilaksanakan di arena jalan umum.

Hal ini seharusnya para orang tua memberi edukasi yang positif dari pada anaknya main sana sini tanpa adanya manfaat dan malah meinimbulkan mudhorot yang itu membuat sengsra di kemudian kelak.  

Menurut saya setiap daerah harus memiliki arena sirkuit bagi pengendara atau para remaja yang meyukai otomotif supaya hasrat mereka tersalurkan dengan baik dan aman.

Nah di sirkuit itu harus ada sistem manajerial yang mengatur lalu nanti di adakan ajang balap bagi setiap tim yang tentunya memiliki syarat harus berkostum yang aman (safety) dan setiap yang juara akan mendapat hadiah dan nanti memiliki jenjang karir dari bawah hingga go internasional.

Begitu rencana ini terlaksana maka otomatis akan menumbuhkan ekonomi bagi setiap daerah, karena perputaran uang di dunia otomotif begitu sangat besar dan semoga juga menurunkan angka pengangguran di Indonesia.