Skip to main content

Category : Religi, Sastra & Budaya


Gringsing, Tradisi Tahunan Warga Pesisir

Tradisi Gringsing, merupakan tradisi turun-temurun tahunan yang hingga saat ini masih dilakukan oleh sebagian warga pesisir di Kabupaten Tuban menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Tertutup Awan, Hilal 1 Syawal Gagal Terlihat di Banyuurip

Tim Rukyatul Hilal dari Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Tuban gagal melihat hilal yang menandakan 1 Syawal 1439 H / 2018 M. Dari atas pemantau hilal di puncak Banyuurip, Kecamatan Senori tersebut, hilal tertutup awan tebal.

Kajian Kitab Klasik Idhotun Nasyi'in

Kebahagiaan 

Orang-orang ahli pikir agaknya tidak pernah berpendapat tentang tafsir atau interpretasi suatu persoalan, sebagaimana mereka berbeda pendapat tentang tafsir kata bahagia.   

Cerita dari Pesantren

Menggoda Putri Mbah Kiai

Bukan Zaid namanya kalau tidak usil dan berani menyerempet-rempet bahaya. Tokoh santri kita ini memang selalu membuat ulah untuk menggoda orang lain. Bahkan, putri Mbah Kiai nya sendiri tak luput dan keisengannya.  

Kajian Kitab Klasik Idhotun Nasyi’in

Kedermawanan 

Harta kekayaan seperti halnya kekuasaan. Keduanya itu berfungsi sebagai pelayan bagi manusia di saat manusia terdesak oleh kebutuhan.  

Cerita dari Pesantren

Nakalnya Gus Ku

Banyak  terdengar, para Gus atau anak-anak kiai yang laki-laki, karena kalau putra perempuan disapa dengan sebutan Ning, sering berperilaku aneh ketika masih kecil. Bahkan, ada yang nakalnya kelewat batas. Seperti Gus kecil, putra Mbah Kiai tempat Zaid mondok.  

Pembatal Puasa Terkait dengan Mata

Mengenai hal ini sudah terjadi khilaf atau perbedaan pendapat di kalangan para ulama di masa silam. Apakah sesuatu yang ditaruh atau diteteskan di mata bisa membatalkan puasa atau tidak, yaitu semacam celak. Maka untuk tetes mata diqiyaskan dengan hukum celak.  

Kajian Kitab Klasik Idhotun Nasyi’in

Moderat

barangsiapa yang menginginkan kemuliaan, maka carilah dengan sikap sederhana atau moderat.   

Cerita dari Pesantren

Pantai dan Air Mata

Larangan sangat tegas di pesantren adalah berhubungan dengan lawan jenis. Meskipun surat-suratan misalnya, kalau ketahuan pengurus pesantren juga bakal kena hukuman (takzir). Namun tidak bagi Zaid, santri yang dikenal bandel ini berani mengambil resiko.  

Kajian Kitab Klasik Idhotun Nasyi'in

Dusta dan Benar 

Benar dan dusta yang dimaksud dalam pembahasan ini, bukanlah seperti yang dikenal oleh setiap orang selama ini, yakni dusta dan benar dalam perkataan. Sebab hal seperti itu sudah jelas dan anak kecil pun mengerti.