Skip to main content

Category : Religi, Sastra & Budaya


Study Lanjutan Memuliakan Masjid Hingga Berkunjung ke India

ebagai tempat ibadah umat Islam, sudah selayaknya Masjid selalu menjadi prioritas sarana dakwah, Ukhuwah Islamiyah, serta mengupayakan kemuliaan Masjid sebagaimana fungsinya. Akan tetapi, keadaan demikian makin hari makin berkurang sebab eksistensinya dikalahkan oleh pola pikir modernisasi zaman.

Unik, Rodad Ini Hanya Berpersonel Perempuan

Ada yang unik dan beda pada pementasan Rodad dalam gelar acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriah/2018 Masehi, di Dusun Kandangan, Desa Simo, Kecamatan Soko Rabu (29/11/2018) malam kemarin. Pasalnya, semua pemain Rodad di sini seluruhnya perempuan.

Blok Buku

Manis itu Pahit

Novel berjudul Manis Itu Pahit menceritakan sesosok pemuda yang Mualim Fahmi, Dia tinggal di bukit dengan kesehariaannya mengajari anak-anak kecik membaca, menumis dan mengaji. Fasilitas tempat pendidikan tersebut di bangunnya sendiri dan itupun juga rumahnya dibagi menjadi dua, yang satu untuk tempat tinggalnya dan yang satunya untuk fasilitas pendidikan anak-anak kampung.

Serabian, Tradisi Unik Warga Ngarum Sambut Musim Hujan

Awal musim penghujan telah menyapa sejumlah wilayah di Kabupaten Tuban. Berbagai aktivitas warga masyarakat yang mayoritas petani pun tengah mempersiapkan olah lahan tanaman penyesuai musim. Sebagai wujud syukur, ada tradisi unik yang dilakukan warga Desa Ngarum, Kecamatan Grabagan untuk menyambut hujan, yakni dengan Serabian.

Pawai Budaya Pengingat Tanggung Jawab Generasi Lestarikan Tradisi

Pagelaran Pawai Budaya Peringatan Hari Jadi Tuban yang diikuti 34 komunitas berlangsung meriah. Bupati Tuban, Fatkhul Huda dalam sambutannya berharap kegiatan yang dilaksanakan Minggu (11/11/2018) di pusat Bumi Wali itu bisa menjadi motivasi generasi bangsa untuk senantiasa melestarikan budaya Indonesia.