Skip to main content

Category : Religi, Sastra & Budaya


Pemilu 2019

Inilah Jumlah Suara Caleg DPR RI Dapil Jatim IX Tuban

Kemenangan Caleg DPR RI dalam Pemilu 2019 sudah terbaca. Khususnya di Dapil Jatim IX Tuban, ada beberapa nama Caleg yang memperoleh suara sedikit. Diprediksi mereka gagal melenggang ke Senayan.

Lakon Joko Lelono Golek Ilmu Meriahkan Diesnatalis TI XX

Diesnatalis XX komunitas Teater Institut (TI) Universitas Ronggolawe (Unirow), Sabtu (27/4/2019) malam kemarin menyajikan sejumlah pertunjukan. Salah satunya yang paling menarik ialah sajian dari komunitas Pemuda Harapan Kampung (PHK), dengan membawa tema wayang beber lakon Joko Lelono Golek Ilmu.

Progres Pepadi Tuban Tunggu SK Jatim

Pasca gagasan Persatuan Pedagang Indonesia (Pepadi) Tuban harus bangkit dari mati suri, segenap pelaku seni tradisi juga pegiat pedalangan-wayang yang ada di Bumi Wali, sebutan lain Kabupaten Tuban, berangsur menunjukkan geliatnya.

Cikal Bakal Warga Menilo di Makam Eyang Pendek

Ikon Bumi Wali pada Kabupaten Tuban, memang menunjukkan banyak Waliyullah yang berada di berbagai penjuru wilayahnya. Para Wali berikut tokoh agama di beberapa kawasan, memiliki arti penting bagi perkembangan masyarakat sekitarnya juga. Seperti halnya dengan cungkup atau makam di Desa Menilo, Kecamatan Soko ini.

Pengurus Cabang NU Tuban Resmi Dilantik

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tuban masa khidmat 2018-2023 resmi dilantik di Pendopo Krida Manunggal Tuban. Selain dihadiri ketua Pengurus Wilayah NU (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuqi Mustamar, Rois Aam KH Miftakhul Ahyar, dan ketua umum PBNU KH. Said Aqil Siroj juga hadir sebagai pembicara.

Bangkitkan Gairah Seni Tradisi, Pepadi Bakal Show On

Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) di wilayah Kabupaten Tuban, merupakan suatu wadah berproses tentang segala bentuk aspek kesenian wayang. Namun begitu, adanya Pepadi Tuban rupanya telah lama vakum seiring perkembangan era modernisasi kini.

Karya Budaya Sandur Tuban Jadi Peningkat Geliat Seni

Budaya kesenian Sandur di Kabupaten Tuban rupanya telah disahkan sebagai karya budaya oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dari sekian banyaknya hasil Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) yang dikumpulkan pada tingkat Nasional, tercatat per 10 Oktober 2018 lalu hanya ada 2 wilayah Kabupaten/kota yang dinobatkan, yakni Sandur Tuban dan Bojonegoro.