Skip to main content

Category : Religi, Sastra & Budaya


Bubur Muhdor Khas Gulai Kambing Primadona Ramadan

Menu takjil berbuka puasa ini masih jadi primadona dan ditunggu masyarakat di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Bubur Muhdor namanya. Bubur legendaris khas Arab rasa gulai kambing jadi rebutan warga karena mampu bertahan selama delapan dekade sejak 1937.

Hilal Terlihat di Banyuurip, Resmi Besok Puasa

Tim Badan Hisab dan Rukyatul Hilal (BHR) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban menggelar observasi bulan sabit (rukyatul hilal) untuk menatapkan awal Ramadhan 1440 H di Bukit Banyuurip, Senori, Tuban, Minggu (5/5/2019). Hasilnya, hilal terlihat oleh tim BHR. Puasapun dipastikan jatuh pada Senin (6/5/2019) besok.

Jelang Ramadan, Begini Persiapan PKL di Alun-Alun Tuban

Tak sampai 24 jam bulan suci Ramadan segera tiba. Sejumlah persiapan, mulai dari keamanan, juga penertiban aktivitas para Pedagang Kaki Lima (PKL) kawasan Alun-Alun Tuban juga telah melakukan siasat berdagang.

Ini Jadwal dan Tempat Rukyatul Hilal Awal Puasa di Tuban

Tim Badan Hisab dan Rukyatul Hilal (BHR) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban akan melakukan rukyatul hilal awal puasa Ramadan 1440 H bertepatan pada hari ini, Minggu (5/5/2019). Di Kabupaten Tuban, rukyatul hilal akan digelar di menara Rukyatul Hilal, Bukit Banyuurip Kacamata Senori Kabupaten Tuban.

Berikut Lokasi Ru'yatul Hilal Indonesia, Salah Satunya Tuban

Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia akan melakukan sidang isbat untuk penentuan awal Ramadan 1440 Hijriah pada Minggu (5/5/2019). Untuk menentukan awal puasa Ramadan, terlebih dahulu Kemenag menerima laporan rukyatul hilal dari berbagai lokasi pemantauan di seluruh Indonesia. "Isbat awal Ramadhan dilaksanakan 5 Mei, bertepatan 29 Syaban 1440 H," ujar Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin, dilangsir Antara.

Festival Ramadan Kebonagung, Begini Persiapannya

Semarak bulan suci Ramdan kedatangannya disambut ceria oleh umat Islam di seluruh dunia. Bahkan tak sedikit acara khusus Ramadan sengaja dibuat meriah untuk menggali arti bulan suci tersebut.

Jadikan BKMT Sebagai Ladang Amal Ibadah

Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) menyelengarakan Launching Gerakan Indonesia Menulis Al Qur'an, Pengukuhan Pengurus Cabang BKMT se-Kabupaten Tuban dan pengajian dalam rangka menyongsong bulan suci Ramadhan 1440 H. Yang dihadiri oleh Bupati Tuban, ketua DPRD Tuban, Kementria Agama Tuban (Kemenag), Dinas Pendidikan, Kesbangpol, Kesra dan Pengurus Daerah (PD) BKMT Lamongan dan Bojonegoro.