Skip to main content

Category : Ekonomi & Migas


Mencari Cara Hadapi Krisis Migas

Gap antara konsumsi dan produksi minyak bumi semakin besar dari tahun ke tahun. Berdasarkan data statistik yang dikeluarkan perusahaan migas global, BP, pada tahun 2016, konsumsi minyak bumi di Indonesia sebesar 1,615 juta barel per hari. Sementara itu, data Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat rata-rata produksi minyak bumi Indonesia pada 2016 sebesar 825 ribu barel per hari. Pada tahun 2006, produksi minyak masih di atas satu juta barel per hari.

Makin Produktif, Sepekan Sumur GGNB Hasilkan 15 Ribu Liter

Sejak Agustus 2016, sumur Gegunung Belanda (GGNB) yang dikelola Perusahaan Daerah Aneka Tambang (PDAT) Tuban menunjukan hasil yang cukup positif. Pasalnya, hingga kini sumur tua yang ada di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban itu, setiap pekannya mampu memproduksi 15 ribu liter minyak mentah.

Banyak Saingan, Pelanggan Car Wash Menurun

Meskipun datangnya musim penghujan dirasa menguntungkan bagi para pelaku usaha cucian mobil-motor, prospek usaha tersebut dinilai menurun dari tahun ke tahun.

Bisnis Car Wash, Alternatif Usaha saat Musim Hujan

Musim hujan yang datang kala mendekati akhir tahun, begitu dinantikan oleh sebagian besar masyarakat. Pasalnya keadaan ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, khusus petani untuk merawat ladangnya.

Harga BBM Tak Naik, Pertamina Kehilangan Potensi Pendapatan Rp 19 T

PT Pertamina (Persero) mencatat ada potensi pendapatan yang hilang  sebesar 1,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 19 triliun akibat harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tak naik pada kuartal III-2017. Padahal, seharusnya harga BBM disesuaikan seiring kenaikan harga minyak

IE2I Beach Clean-Up Day di Pantai Mangrove

150 Siswa Turut Bersihkan Pantai di Jenu

Bertempat di Pantai Mangrove Center, Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Indonesian Energy and Environmental Institute (IE2I) kerjasama dengan Pertamina menggelar acara Beach Clean-Up Day, Sabtu (5/11/2017).

IE2I Gelar Acara Beach Clean-Up Day di Pantai Mangrove

Indonesian Energy and Environmental Institute (IE2I) bekerja sama dengan Pertamina menggelar acara (Beach Clean-Up Day) di Pantai Mangrove Center Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Sabtu (4/11/2017).

Sempat Terpuruk, DBH MIGAS Tuban Akhirnya Lampaui Target

Realisasi penerimaan daerah dari sumber bagi hasil minyak dan gas bumi (Migas) di Kabupaten Tuban pada tri wulan ke tiga 2017 ini sangat mengejutkan. Untuk minyak bumi ditargetkan Rp13.023.361.000, tapi realisasinya per bulan Oktober sudah mencapai Rp14.679.205.165 atau teralampaui 112,7 persen.

282 Warga Sekitar Blok Tuban Pulang Bawa Ketrampilan Baru

Sebanyak 282 warga sekitar lapangan minyak dan gas bumi (Migas) Blok Tuban dan Sukowati yang dioperatori Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB P-PEJ) usai mengikuti pelatihan ketrampilan selama 17 hari.