Panen Buah di Plumpang Diserbu Pemborong‎ Luar Kota

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Tanaman buah-buahan jenis melon sedang tumbuh subur di lahan pertanian wilayah Kecamatan Plumpang. Bahkan, melimpahnya hasil panen tersebut sampai diserbu pedagang dan pemborong dari berbagai kota.

Penelusuran lapangan‎ blokTuban.com di sekitar lokasi lahan pertanian di Plumpang, terdapat puluhan pemborong yang mengangkut hasil panen buah-buahan milik warga setempat.

Salah satu pemborong, Candra mengaku, dalam sehari dia bersama tim pekerjanya bisa dua sampai tiga kali mengangkut hasil buah melon dan blewah.

"Sekali muat atau satu rit mobil pick up ini, bisa mengangkut maksimal 2,2 ton melon. Kalau buah blewah maksimal hanya 2 ton," ungkap Candra sembari menaikkan buah melon yang telah ditimbang sebelumnya, Rabu (2/5/2018).

Kepada blokTuban.com, lelaki asal Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro‎ itu menambahkan, tiga hari sekali dia akan kembali untuk memborong dan mengangkut hasil panen buah milik petani di Plumpang. Usai diangkut, buah-buahan yang diborong akan segera di distribusikan ke Pasar Agro Babat-Lamongan untuk kebutuhan stok.

‎"Sementara ini buah-buahan jenis Melon, Belewah, dan Semangka kita ambil di Desa Klotok. Besoknya lagi sudah beda desa, tapi tetap di wilayah Plumpang sini," pungkasnya. [feb/col]