Musim Panen Buah, Pedagang Dadakan Bermunculan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎‎‎ Pasca musim tanam padi di beberapa wilayah Kabupaten Tuban bagian selatan, seperti Kecamatan Plumpang dan Kecamatan Rengel, kini daerah tersebut telah banyak dijumpai tanaman buah-buahan yang mengganti tanaman padi saat musim penghujan lalu.

Banyak lahan pertanian di wilayah Banjararum dan Prambonwetan, Kecamatan Rengel dan sebagian besar desa lain di Kecamatan Plumpang seperti desa Magersari, Jatimulyo, dan Bandungrejo ‎yang menanam buah Melon, Blewah, dan Semangka.

Sebagian petani di wilayah itu banyak yang melakukan proses tanam, namun sebagian lainnya sudah panen. Warga sekitar lokasi panen pun menangkap kesempatan itu dengan berdagang buah buah-buahan di pinggir jalan.

Salah satunya adalah Kuswadi, warga Desa Banjararum, Kecamatan Rengel. Memasuki musim panen buah, dia baru saja membuat lapak untuk memasarkan buah-buahan yang diborongnya dari petani.

"Baru buat tempatnya. Ini juga baru mengisi semangka lonjong, melon dan blewah menyusul," ungkapnya ketika dijumpai blokTuban.com di sekitar jalan raya turut Sumberagung-‎Prambonwetan Rengel, Senin (30/4/2018).

Menurut Pak Kus, usaha dadakan buah-buahan di kala musim kemarau kali ini dirasa tepat. Cuaca panas, gerah, dan pengap, tentu membuat siapapun tertarik untuk sekedar mampir dan memakan buah-buahan segar.

"Bisa tambah pendapatan juga. Ini kan mau masuk bulan puasa, semoga tambah lancar," pungkasnya.‎ [feb/col]