Kelompok Ternak Mandiri Barokah Hasilkan Rp1,8 Juta dari Penjualan Pupuk Kompos

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tuban berhasil meningkatkan penghasilan melalui produksi pupuk kompos

Dilansir dari situs resmi BAZNAS, peternak binaan BAZNAS telah memulai proses penggilingan dan pengemasan kompos yang telah difermentasi sejak akhir Juli 2024. 

Sebanyak 62 sak kompos telah berhasil dikemas, masing-masing sak berisi 40 kilogram, atau setara dengan empat timba besar. 

Pengemasan ini dilakukan sebagai persiapan menghadapi permintaan kompos dari para petani setempat yang akan memasuki masa tanam jagung di musim penghujan mendatang.

Dengan harga jual tetap di angka Rp30.000 per sak, omzet yang diproyeksikan dari penjualan 62 sak kompos pada Rabu (18/9/2024) ini mencapai Rp1.860.000. 

Pendapatan ini diharapkan akan terus meningkat seiring dengan meluasnya pasar dan kepercayaan petani terhadap kualitas kompos yang dihasilkan oleh kelompok ternak Mandiri Barokah, yang merupakan salah satu binaan BAZNAS.

Dukungan BAZNAS RI juga menjadi faktor penting dalam perkembangan kelompok ternak ini.

Mereka tidak hanya berhasil dalam produksi ternak, tetapi juga mampu menciptakan produk bernilai tambah, seperti pupuk kompos, yang semakin membantu meningkatkan kesejahteraan peternak setempat. [Rof/Ali]