Maraknya Pencurian Sapi di Tuban, Warga Resah dalam Sebulan 4 Sapi Hilang

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com – Warga Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, semakin resah akibat maraknya aksi pencurian sapi yang terjadi di wilayah mereka. Dalam satu bulan terakhir, tercatat sudah empat ekor sapi milik warga yang hilang digasak maling.

Korban terbaru adalah Anik, seorang warga setempat, yang harus merelakan satu-satunya sapi yang telah ia pelihara selama tiga tahun terakhir.

Sapi tersebut raib pada Rabu dini hari (18/09/2024). Anik menjelaskan bahwa kejadian tersebut pertama kali diketahui oleh anaknya, yang saat hendak mandi, melihat bahwa sapi di kandang sudah tidak ada.

"Yang hilang sapi betina hamil. Usai 3 tahun 7 bulan. Itu sapiku satu-satunya mas," keluh Anik kepada media, Kamis (19/9/2024). 

Menurut Anik, pelaku diduga melancarkan aksinya sekitar pukul 03.00 WIB, karena pada pukul 02.00 WIB ia masih melihat sapi tersebut berada di kandang. Kejadian ini langsung dilaporkan kepada Ketua RT dan pihak kepolisian setempat.

Ketua RT setempat, Sukono, mengonfirmasi bahwa aksi pencurian sapi di wilayah tersebut memang sangat meresahkan.

Dalam sebulan terakhir, empat sapi milik warga telah hilang. Selain milik Anik, sapi milik Mujiko, Samilan, dan Kholik juga menjadi korban pencurian.

"Sapi yang hilang kebanyakan adalah sapi betina yang sedang hamil tua," jelas Sukono.

Warga berharap pihak kepolisian segera mengungkap kasus ini dan menangkap para pelaku, mengingat aksi tersebut sudah sangat mengganggu kenyamanan mereka.

Sukono juga menambahkan bahwa sebagai langkah pencegahan, warga kini semakin mengintensifkan ronda malam dan memperketat pengawasan terhadap kendaraan yang keluar-masuk di malam hari.

"Warga sudah sangat resah. Sebulan ini ada 4 sapi yang hilang. Kami harap polisi segera menangkap pelaku," tegasnya.

Hingga saat ini, kasus tersebut masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. [Rof/Ali]