Atlet Judo Tuban Raih Emas di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Atlet judo asal Tuban, Suliswanto, berhasil meraih medali emas dalam cabang olahraga judo nomor Nage No Kata pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. 

Bertanding di Gelanggang Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh, Jumat (13/9), Suliswanto yang berpasangan dengan Embun Cahyo mencatatkan nilai tertinggi 374,6 poin, mengungguli pasangan dari Jawa Barat yang memperoleh nilai 365,5 poin.

Kemenangan Suliswanto menambah perolehan medali emas untuk kontingen Jawa Timur dan memperkuat posisi provinsi tersebut di klasemen sementara cabang olahraga judo. 

Prestasi ini juga menandai akhir pertandingan seni nomor Nage No Kata dengan pencapaian gemilang.

Tidak hanya Suliswanto, Kabupaten Tuban sebelumnya juga telah menyumbangkan prestasi di cabang olahraga lain pada PON kali ini. 

Atlet atletik, Teuku Tegar Abadi, sukses meraih medali perak dalam cabang olahraga Lompat Tinggi Galah Putra.

Selain itu, atlet panjat tebing asal Tuban, Eka Dian Krismawati, berhasil meraih medali emas, sementara di cabang sepak takraw, Salsa Sabillah turut menyumbangkan emas untuk Tim Regu Putri Jawa Timur. 

Di nomor yang sama, Angga Ardiansyah juga mempersembahkan medali perak di kategori putra.

Prestasi yang diraih oleh para atlet Tuban ini mempertegas peran Kabupaten Tuban sebagai salah satu penyumbang atlet berprestasi bagi Jawa Timur, dengan harapan kontribusi ini terus berlanjut di ajang olahraga nasional lainnya.

Hingga saat ini, Jawa Timur masih memimpin klasemen sementara PON XXI dengan perolehan total 66 medali emas, 57 perak, dan 57 perunggu, sehingga secara keseluruhan mengumpulkan 180 medali. [Rof/Ali]