Matangkan Potensi Desa, Mahasiswa UAI Tuban Adakan FGD Bersama Warga Desa Kanten

Oleh: M. Syahrul Muharrom

blokTuban.com - Kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Participatory Action Research (PAR) Universitas Al Hikmah Indonesia (UAI) Tuban berlangsung intensif secara tatap muka di balai Desa Kanten, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro yang diikuti perwakilan RT, RW, dan lapisan masyarakat dari lembaga maupun tokoh penduduk desa Kanten, Kamis (29/08/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif mahasiswa untuk mematangkan secara strategis potensial yang ada di desa, yang berlangsung mulai pukul 10.00-12.00 WIB. FGD ini mendiskusikan tentang berbagai problematika masyarakat Kanten baik ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya dan lain-lain. Tujuan FGD ini sebagai langkah awal penyelesaian secara mufakat pemberdayaan sumber yang ada di desa, untuk memaksimalkan SDM yang berkelanjutan.

Bapak Mustika, selaku Sekretaris Desa Kanten, mengungkapkan bahwa FGD ini berkedudukan penting dalam suatu perkumpulan, termasuk barisan masyarakat desa, guna menyusun secara strategis gambaran masa depan yang diharapkan demi kemajuan desa nantinya.

“FGD ini sangat penting untuk dilakukan untuk mengetahui sejauh mana langkah yang sudah kita lakukan dan mengevaluasi apa yang kurang,” ungkapnya.

Diharapkan FGD dapat memberikan nilai positif bagi masyarakat tentang akan yang akan direncanakan ke depannya.

“Semoga dengan FGD yang diadakan mahasiswa dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan potensi desa sesuai apa yang di rencanakan,” harapnya.

Pada ujung acara ini para mahasiswa mengabadikan moment bersama perangkat desa serta masyarakat Kanten.[Rul/Rul]