Karam Sejak Seminggu, Kapal di Perairan Tuban Belum Bisa Dievakuasi

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Di perairan laut dekat Pantai Sumur Pawon, Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, sebuah kapal pengangkut tongkang karam, Rabu (21/8/2024). 

Kapal tersebut telah karam selama lebih dari seminggu, dan hingga siang hari Rabu, 21 Agustus 2024, belum bisa dievakuasi.

Seorang warga Desa Mentoso bernama Ali Rof]gatakan bahwa kapal itu mulai karam sejak malam Minggu, 11 Agustus 2024. 

Menurut Ali, kapal tersebut awalnya berada di tengah laut mengangkut tongkang, namun karena angin kencang, kapal bergeser ke tepi laut dan akhirnya karam setelah terseret ke karang.

Ali menjelaskan bahwa hingga Selasa, 20 Agustus 2024, sudah ada empat upaya evakuasi yang dilakukan, namun semuanya gagal. 

"Hanya tongkang yang berhasil diselamatkan, sementara kapal masih terjebak dan berada dalam posisi miring," imbuhnya. 

Ali juga menambahkan bahwa proses evakuasi kapal KGM Hotel tersebut kemungkinan masih menunggu peralatan yang lebih canggih dan menunggu air laut pasang.

Sementara itu, Kepala Kelompok Kerja Data dan Informasi Stasiun Meteorologi BMKG Kelas III Tuban, Nursyamsi, mengungkapkan bahwa saat ini tinggi gelombang di pesisir Tuban dan Lamongan masih tergolong rendah, dengan ketinggian antara 0,5 hingga 1,25 meter. 

"Meski begitu, masyarakat pesisir diminta tetap waspada karena angin timur yang bertiup cukup kencang dengan kecepatan 5-15/17 knot," pungkasnya. [Ali/Rof]