Tak Lagi Ribet, Ahli Las Migas Bisa Ajukan Kualifikasi Las Lewat Aplikasi

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan layanan kepada Badan Usaha dengan memberikan akses dan panduan dalam pengajuan pengesahan Kualifikasi Prosedur dan/atau Ahli Las melalui Aplikasi Pengesahan Kualifikasi Prosedur Las. 

Kemudahan ini diharapkan dapat mempercepat proses pengesahan dan memastikan keselamatan di sektor migas.

Dalam acara sosialisasi aplikasi tersebut di Banten, Direktur Teknik dan Lingkungan Minyak dan Gas Bumi, Noor Arifin Muhammad, yang diwakili oleh Koordinator Standardisasi Migas, Yuki Haidir, menyatakan pentingnya pengelasan dalam pembangunan instalasi dan peralatan migas. 

"Penjaminan keselamatan migas perlu dilakukan dengan memastikan bahwa kualifikasi prosedur serta ahli las telah sesuai peraturan, standar, dan kaidah keteknikan yang baik," ujar Yuki dikutip dalam keterangan resminya, Sabtu (20/7/2024). 

Aplikasi ini memungkinkan masyarakat untuk memonitor status permohonan yang diajukan. "Kami berusaha membuat aplikasi ini user-friendly," terang Yuki, menambahkan bahwa aplikasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan standar operasional prosedur dalam kegiatan usaha migas.

Beberapa ketentuan terkait permohonan inspeksi teknis dan pengesahan kualifikasi telah ditetapkan dalam Surat Edaran Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Nomor 14.E/HK.03/DMT/2024 tertanggal 24 Juni 2024. Yuki juga menyampaikan terima kasih kepada tim Ditjen Migas yang telah bekerja keras mengembangkan aplikasi ini.

Permohonan inspeksi teknis dapat diajukan oleh Kepala Teknik Kontraktor Kontrak Kerja Sama dan Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Hilir Migas, serta Pimpinan Perusahaan Penunjang Migas melalui ruang pelayanan Ditjen Migas atau email: tu.migas@esdm.go.id. Sementara permohonan pengesahan kualifikasi dapat disampaikan melalui link https://perizinan.esdm.go.id/migas atau langsung ke ruang pelayanan Ditjen Migas hingga 1 Juli 2024.

Yuki berharap sosialisasi ini memberikan kesempatan berharga bagi peserta untuk memahami aplikasi lebih baik. "Ini kesempatan kita untuk berdiskusi dan berbagi mengenai penggunaan aplikasi, serta memberikan manfaat besar bagi setiap penggunanya," tutup Yuki. [Ali/Dwi]