Pelatihan Teknik Ecoprint di Kelurahan Karang: Upaya Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Lurah Karang, Achmad Sofyan Rahmansyah, membuka acara pelatihan teknik ecoprint yang diadakan di Balai Kelurahan Karang, Rabu, 19 Juni 2024 

Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta yang merupakan perwakilan dari warga RT/RW, PKK, Karang Taruna, dan kader. 

Pelatihan ini merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat yang didanai oleh dana kelurahan dan dilaksanakan oleh kelompok masyarakat (Pokmas). 

Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan kekuatan dan potensi masyarakat, terutama di Kelurahan Karang.

Lurah Sofyan menjelaskan bahwa kegiatan pemberdayaan ini merupakan rangkaian dari program yang telah dilaksanakan sepanjang tahun ini. 

Sebelumnya, telah diadakan pelatihan pembuatan sambal kemasan dan pembuatan abon berbahan dasar ikan.

"Kami berharap pelatihan teknik ecoprint ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan-kegiatan pemberdayaan. Selain itu, kami juga menargetkan munculnya UMKM baru yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, sehingga dapat membantu pengentasan kemiskinan di wilayah Kelurahan Karang," ujar Lurah Sofyan. 

Dengan adanya berbagai pelatihan ini, diharapkan masyarakat Kelurahan Karang semakin berdaya dan mandiri dalam meningkatkan kesejahteraan mereka.

Sebelumnya, Pemerintah Kelurahan Karang juga menggelar kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan pembuatan sambal kemasan.

Kegiatan ini dilaksanakan swakelola oleh kelompok masyarakat, yang diikuti perwakilan beberapa RT, PKK, karang taruna.[Ali/Dwi]