Resep Udang Saus Mentega, Olahan Seafood Mengugah Selera Makan

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com - Memasak udang saus mentega bisa dijadikan salah satu opsi menu untuk keluarga. Menu ini cocok untuk menu keluarga yang ingin mencoba hidangan seafood yang lezat dan menggugah selera. 

 

Ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk makan malam yang istimewa saat kumpul bersama, atau bahkan untuk perayaan kecil. Hidangan ini relatif cepat dan mudah disiapkan, membuatnya ideal untuk waktu berkumpul bersama keluarga tanpa harus menghabiskan terlalu banyak waktu di dapur. 

 

Udang saus mentega memiliki rasa yang kaya, gurih, dan sedikit manis dari mentega yang dipadukan dengan cita rasa segar dari udang. Simak resep selengkapnya berikut ini.

 

Bahan-bahan

1/4 kg udang

1 buah bawang bombay

3 siung bawang putih (dicincang)

5 buah cabe rawit

1 batang daun bawang

1 buah tomat (diiris)

5 sdm margarin/ mentega 

2 sdm saus tiram

2 sdm saus tomat

1 1/2 sdm kecap asin

2 sdm kecap manis

1 sdm gula pasir (disesuaikan)

1 sdm penyedap rasa

 

Cara Membuat

1. Cuci bersih udang, kepalanya dibuang.

2. Iris bawang bombay, cincang bawang putih, iris cabe rawit dan daun bawang serta iris tomat, potong kotak (buang bijinya).

3. Lelehkan margarin, masak udang setengah matang lalu sisihkan.

4. Lelehkan margarin, lalu tumis cincang bawang putih sampai kecoklatan lalu masukkan bawang bombay ditumis hingga layu, selanjutnya dimasukkan irisan cabe rawit, tomat dan bawang daunnya ditumis hingga harum.

5. Kecilkan api, lalu masukkan saus tiram, saus tomat, kecap asin ditumis dan masukkan udangnya lalu beri air kira-kira 200 ml (disesuaikan). Setelah dimasukkan air tambahkan gula dan penyedap rasa. Masak hingga bumbu meresap dan koreksi rasa.

6. Udang saus mentega siap disajikan. 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS