Landrang, Kue Kering Tradisional Tuban yang Tetap Eksis

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, terdapat camilan khas yang selalu menjadi suguhan favorit saat lebaran, yaitu landrang. Camilan renyah dengan rasa gurih dan manis ini selalu laris manis menjelang hari raya, Selasa (21/5/2024). 

Rusmini, salah satu produsen landrang dari Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, harus bekerja ekstra keras sejak pertengahan bulan suci Ramadan. Pesanan yang datang bertubi-tubi memaksanya menyelesaikan produksi dengan cepat.

Landrang terbuat dari bahan-bahan seperti tepung kanji, tepung terigu, bawang putih, gula halus, santan, mentega, dan telur ayam yang dicampur dan diaduk hingga merata. 

"Iya, ini jualan kue buat suguhan lebaran. Aneka camilan khas saya produksi tapi yang paling banyak diminati landrang. Soalnya hampir 200 kilogram sudah ada pesanan masuk," ujar Rusmini.

Selain landrang, Rusmini juga memproduksi berbagai kue lainnya seperti kemplang, pastel, dan kacang. 

"Di sini ada 4 macam kue dari landrang, kemplang, kacang, dan pastel," tambahnya.

Beberapa pelanggan setia mengaku selalu membeli kue kering dari Bu Rusmini setiap menjelang lebaran untuk mengisi toko mereka. 

"Lebih suka kue buatan dari Semanding. Jadi saya tiap akan menjelang lebaran pasti order di sini paling sedikit 20 kilogram tiap macam kue," ujar seorang pelanggan setia. 

Landrang dan aneka camilan lainnya buatan Rusmini telah menjadi pilihan utama warga Tuban untuk suguhan lebaran, membuktikan bahwa cita rasa tradisional tetap menjadi favorit di tengah masyarakat.

[Dwi/Ali]